Wednesday , April 7 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Badan Standarisasi Nasional Beri Apresiasi Terhadap 56 Organisasi/Perusahaan Berkinerja Baik

Badan Standarisasi Nasional Beri Apresiasi Terhadap 56 Organisasi/Perusahaan Berkinerja Baik

GoHappyLive.com, JAKARTA- Kesadaran organisasi atau perusahaan yang konsisten dalam menerapkan system manajemen operasional didalam perusahaannya mendapat apresiasi Badan Standarisasi Nasional (BSN) melalui gelaran SNI Award 2018. Tahun ini sebanyak 56 organisasi/ perusahaan menerima penghargaan tertinggi dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).

 

Pemberian penghargaan SNI Award pada tahun ini adalah yang ke-14 kali sejak tahun 2005 sukses diselenggarakan. SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia kepada organisasi yang dinilai telah menjalankan system manajemen operasional yang baik dan telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten.

Tahun 2017 lalu, SNI Award dianugerahkan kepada 50 organisasi dan perusahaan yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan dan mempromosikan SNI. Pada tahun ini, 2018, penghargaan diberikan kepada 56 organisasi dan perusahaan.

Organisasi yang mendaftar SNI Award dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Pada tahun 2015 sebanyak 151 organisasi yang mendaftar. Pada tahun 2016 sebanyak 108 organisasi. Pada tahun 2017 sebanyak 126 organisasi.

“Pada tahun ini sebanyak 208 organisasi atau perusahaan yang mendaftar. Dari jumlah tersebut yang lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 71 organisasi. Pada tahap berikutnya , penilaian oleh dewan juri ditetapkan 56 organisasi atau perusahaan sebagai penerima,” jelas Kepala BSN, Bambang Prasetya pada Malam Penganugerahan SNI Award 2018 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Bambang melanjutkan, proses penilaian SNI Award dilakukan secara ketat oleh tim juri yang diketuai pakar ekonomi Rhenald Khasali dengan beranggotakan 19 orang yang ahli di bidang standarisasi dan penilaian kesesuaian.

Para juri berasal dari industri, pemerintah, perguruan tinggi, asosiasi maupun pakar management, good government, social ekonomi, dan financial.

Penerima SNI Award tahun 2018 terbagi menjadi 12 kategori, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mempunyai 10 kategori. Ada 2 kategori tambahan, yaitu kategori organisasi pendidikan menengah dan organisasi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional, dan berlaku sekurang-kurangnya 2 tahun atau sejak tanggal 1 Maret 2016,” jelas Bambang.

Berbeda juga dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini diserahkan penghargaan khusus berupa Grand Platinum yakni suatu penghargaan yang diberikan kepada organisasi yang 3 kali berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen yang tinggi dalam menerapkan SNI secara konsisten dan berkelanjutan, berkinerja baik dan mampu menginternalisasi aspek social ekonomi dan lingkungan dalam organisasinya.

“Tiap organisasi atau perusahaan bisa mengikuti setiap tahun kegiatan ini. Tapi jangan kaget jika tahun lalu dia mendapat performa bagus, tahun ini belum tentu. Itulah alasannya mengapa kita memberikan penghargaan khusus Grand Platinum sebagai bentuk apresiasi kami pada yang konsistem dan berkomitmen,” ujar Bambang, lagi .

Ke depan BSN terus mendorong organisasi atau perusahaan untuk memperbaiki terus kinerja mereka, baik dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat melalui social media.

“Sosialisasi di jaman now itu gampang. Justru kalau face to face malah sulit, kendala waktu dan sebagainya. Melalui social media kita bisa tampilkan role model-role model yang sukses menerapkan SNI ini,” pungkasnya.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Baru Saja Terbentuk, Pansel BPJS Dorong DJSN Revisi Perpres RI Tata Cara Pemilihan Dewas

GoHappyLive.com, JAKARTA–Pansel BPJS mendorong  agar DJSN bersama Kementerian/ Lembaga melakukan revisi Peraturan Presiden RI Nomor …

Shopee Untuk Negeri Peduli Air Bersih Untuk Masyarakat NTT

GoHappyLive.com, JAKARTA–Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan berkolaborasi dengan Yayasan Nekmese Mitulo Thalinto …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *