Friday , September 25 2020
Home / HEALTH & PARENTING / Bentuk Satgas Covid-19 PP IAI Kirim Bantuan Untuk Apoteker Di Pelayanan

Bentuk Satgas Covid-19 PP IAI Kirim Bantuan Untuk Apoteker Di Pelayanan

GoHappyLive.com, JAKARTA – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 guna membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19. Satgas Covid-19 PP IAI Selasa (7/4) mendistribusikan bantuan ke 34 Pengurus Daerah IAI di seluruh Indonesia. Pendistribusian paket bantuan ini bekerjasama dengan PT Enseval Putra Megatrading, Tbk
‘’Paket bantuan ini berupa hand cleanser, masker, sarung tangan plastik, vitamin dan teh celup. Oleh pengurus daerah, bantuan ini akan langsung didistribusikan kepada sejawat apoteker yang bertugas di pelayanan kefarmasian. Apoteker di saranan pelayanan kefarmasian juga sangat rentan tertular oleh SARS-CoV-2 ini karena mereka juga langsung berhadapan dengan masyarakat umum. Mereka juga membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang saat ini masih sangat sulit didapatkan,’’ ungkap Drs apt, Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Umum PP IAI saat penyerahan bantuan kepada PT Enseval Putra Megatrading di Kawasan Pulogadung.
Paket bantuan diterima oleh Berty Argiyantari, Logistic Deputy Director PT Enseval Putera Megatrading Tbk. PT EPM akan membantu dalam mendistribusikan paket bantuan tersebut ke seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan itu, Nurul Falah menyampaikan, Satgas Covid-19 yang dibentuk PP IAI bertugas menggali donasi dan kemudian menyalurkannya ke berbagai pihak yang membutuhkan, terutama masyarakat yang terkena imbas wabah corona virus dan juga sejawat apoteker yang berada di garda terdepan, yaitu mereka yang bertugas di pelayanan kefarmasian.
‘’Kasus wabah COVID-19 di Indonesia jumlahnya terus meningkat, per tanggal 7 April 2020 jumlah positif mencapai 2738 orang dengan korban meninggal mencapai 211 orang dan yang sembuh 204 orang. Hal ini memberikan tekanan bagi seluruh bangsa Indonesia. Wabah Covid-19 perlu dilihat tidak hanya sebagai bencana yang berdampak bagi kesehatan saja, tetapi secara parallel juga menimbulkan dampak bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia,’’ ungkap Ketua Umum PP IAI, Drs apt Nurul Falah Eddy Pariang, ketika menyerahkan bantuan untuk didistribusikan oleh PT Enseval Putra Megatrading, Tbk.
Ikatan Apoteker Indonesia, sebagai satu-satunya organisasi profesi yang menghimpun seluruh apoteker Indonesia, terpanggil dan berkewajiban untuk membantu setiap upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid-19. IAI berupaya untuk memberikan dukungan dalam membantu pemerintah dengan membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia.
‘’IAI meyakini, dengan kesadaran bersama seluruh komponen, maka upaya-upaya pengendalian wabah Covid-19 menjadi semakin berhasil untuk membawa bangsa Indonesia kepada keadaaan yang lebih sehat dan sejahtera. Pengiriman paket bantuan kepada sejawat apoteker ini merupakan bentuk dukungan PP IAI kepada Apoteker yang berperang menghadapi Wabah Covid-19 di Rumah Sakit, Apotek dan Puskesmas.,’’ tambah Nurul Falah.
Satgas Covid-19 yang diketuai oleh Prof Dr apt Keri Lestari, M.Si ini telah menghinpun donasi dari sejawat apoteker di seluruh Indonesia, serta sejumlah donatur. Donasi yang terkumpul tidak hanya berupa uang, tetapi juga berupa barang.
‘’Sebelum mengirimkan paket bantuan ini, Satgas Covid-19 PP IAI juga memberikan bantuan berupa nasi bungkus yang telah dibagikan kepada sejumlah pengemudi ojek yang terkena imbas akibat wabah Covid-19 ini,’’ ungkap Dra apt, Ellen Wijaya, MS, MM, bendahara Satgas Covid-19. di kesempatan yang sama.
Selain mengirimkan bantuan berupa barang dan makanan, Satgas Covid-19 PP IAI juga telah menyebarkan materi edukasi mengenai Covid-19 kepada apoteker dan masyarakat. Materi edukasi berupa poster, e-flyer dan lembar balik juga telah didistribusikan ke seluruh Indonesia juga melalui media social resmi IAI. Disamping itu serangkaian webinar juga telah dan akan diselenggarakan guna memberikan bekal pengetahuan mengenai Covid-19 kepada apoteker di seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan itu Nurul Falah juga menyampaikan, PP IAI menyambut baik arahan Presiden Joko Widodo agar apotek tetap melakukan pelayanan kefarmasian selama wabah Covid-19 ini. Untuk itu PP IAI telah meneruskan arahan tersebut kepada apoteker yang berpraktek di apotek melalui Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang di seluruh Indonesia.
Berkaitan dengan ini, Satgas Covid-19 PP IAI juga telah menerbitkan Standar Operasional Prosedur pelayanan kefarmasian di apotek yang kemudian diadopsi menjadi Protokol Covid-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
‘’Dengan moto ‘Apoteker Indonesia Bersama Masyarakat Melawan Covid-19’, satgas juga telah menerbitkan media edukasi berupa poster dan kalender melalui akun resmi media social IAI sebagai media edukasi apoteker kepada masyarakat,’’ lanjutnya.
PP IAI juga telah melakukan rekruitmen Relawan Apoteker untuk kebutuhan Rumah Sakit Darurat dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Hingga saat ini PP IAI sudah mengirim apoteker relawan sebanyak 15 orang. Mereka tidak hanya berasal dari wilayah Jabodetabek, melainkan juga dari berbagai kota di Indonesia.(*)

About Jasmine Sambac

Jasmine Sambac

Check Also

Bunda, Jangan Salah Pilih Produk Perawatan Si Kecil Yaaa …

GoHappyLive.com, JAKARTA–Tahukah Bunda, produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa berakibat negatif bagi …

Penderita Penyakit Berisiko Tinggi dan Lansia Wajib Pahami Secara Benar Pola-pola Penularan di Masa Pandemi

GoHappyLive.com, JAKARTA- Penerapan protokol kesehatan serta menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, asupan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *