Saturday , August 15 2020
Home / HEALTH & PARENTING / ‘Cerita Mami Keren’ Berbagi Ilmu Kiat Sehat Selama Puasa dan Lebaran

‘Cerita Mami Keren’ Berbagi Ilmu Kiat Sehat Selama Puasa dan Lebaran

JAKARTA, GoHappyLive.com-Setelah merilis Lekka Bergizi Bugar (Layanan Edukasi dan Konsultasi Konsumsi Pangan Aman, Bergizi, Hidup Sehat Bugar) dua minggu lalu, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan Indonesia), meluncurkan Cerita Mami Keren (Ceramah dan Diskusi Seputar Makanan Minuman Kesehatan Ramadan dan Lebaran). Kedua kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Bhakti Pergizi Pangan bagi Negeri.
‘’Lekka Bergizi Bugar dilaksanakan oleh 240 relawan se-Indonesia dari Aceh sampai Papua dan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hari ini Pergizi Pangan Indonesia menggandeng LiniSehat, Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI) dan Departemen Gizi Masyrakat FEMA IPB University (Gizi FEMA IPB), meluncurkan Cerita Mami Keren,’’ ungkap Prof Dr Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia yang juga Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB.
Acara Cerita Mami Keren bertujuan memberikan informasi aktual berbasis bukti sains terkini kepada masyarakat bagaimana mengelola makanan, minuman dan gaya hidup dalam mempersiapkan puasa, saat dan setelah bulan puasa; serta cara meraih berbagai manfaat kesehatan puasa selain sebagai ibadah,
Dirancang secara daring (online) acara ini merupakan tayanyan lansung (live) melalui perangkat Zoom dan membangun interaksi antara nara sumber dengan moderator dan peserta. Tayang setiap hari dengan topik yang menarik disetiap episode dimulai pukul 12.50 sampai pukul 13.50, selama 40 episode sampai lebaran hari ketujuh, 30 Mei 2020. Sesuai dengan nama acaranya, Cerita Mami Keren menampilkan dan menjawab permasalahan keseharian dengan menarik dan keren, dengan nara sumber Profesor-profesor yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya masing-masing. Selain itu professor ini akan didampingi moderator dan host dari kalangan millennials yang merupakan akademisi dan praktisi muda dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB University, Pergizi Pangan Indonesia, ISAGI dan Linisehat.
Tayangan kolaborasi lansung antara Profesor dan millennials ini akan berlansung selama 45 menit setiap episode. Acara dimulai dengan ceramah oleh Profesor sesuai dengan topiknya selama 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta dan moderator terkait topik yang telah disampaikan. Acara ini juga momen bagi Profesor Ilmu Gizi dan Profesor bidang Ilmu terkait untuk berbagi ilmu secara populer kepada masyarakat tentang hal ini. Topik-topik menarik dan jadwal acara Cerita Mami Keren untuk selama 40 hari dan 40 episode bisa dengan mudah dibaca di www.liniseht,com/cmk Peluncuran acara Cerita Mami Keren ini dilakukan Hari Rabu tanggal 22 April 2020 jam 12.50 -13.50 melalui online dengan perangkat Zoom.
‘’Peserta dapat mengikuti acara ini dengan ID 827 0637 0838 dan Password 053020. Peserta diperbolehkan masuk pada acara online ini pukul 12.50-13.05. Kami mohon maaf tidak melayani peserta yang telat masuk,’’ ungkap Ketua Panitia Firda Sabrina STP.
Menurut Ketua Umum ISAGI, Muhamad Nur Hasan Syah SGz MKes, konten acara Cerita Mami Keren dirancang semenarik mungkin dan memotivasi masyarakat untuk mengikuti tayangan online ini. Topik menarik yang akan disajikan oleh setiap adalah seputar makanan, minuman dan kesehatan yang diperlukan menjelang, saat dan setelah puasa sesuai perkembangan iptek gizi terkini. Contoh-contoh topik yang dibicarakan adalah masa ke masa, berbagai jenis puasa, kiat sahur dan berbuka, gizi dan keamanan pangan selama puasa dan lebaran, memanfaatkan momen puasa untuk mengendalikan lemak tubuh, berat badan, gula darah dan kolesterol; meningkatkan imunitas dan kesehatan, kiat gizi hemat dikala puasa dan lebaran, kiat makan minum sehat saat lebaran, kiat dan manfaat puasa syawal dan puasa berselang (intermittent fasting) pasca lebaran; manfaat zakat dan berbagi, dan topik topik menarik lainnya.
Sementara Muhammad Aries MSi, dari Divisi Humas Pergizi Pangan Indonesia, menambahkan bahwa acara Cerita Mami Keren ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta, tetapi juga diharapkan pengetahuan yang diperoleh dapat disampaikan kepada anggota keluarga. Selain itu peserta juga diharapkan menyampaikan pesan-pesan singkat penuh makna dan menarik yang diperoleh dari acara ini kepada masyarakat melalui grup Whats App dan media sosialnya masing-masing. Oleh karena itu dalam program ini juga dibangun semangat peserta untuk berbagi pesan. Kami memberikan give away menarik bagi peserta yang berbagi pesan bermakna dan menarik di media sosialnya.
Ketua Departemen Gizi Masyarakat Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati MSi, menyampaikan terima kasih dengan adanya kolaborasi dalam menebar manfaat dari Ilmu Gizi kepada masyarakat luas.
‘’Kebetulan bulan Ramadan kali ini kita dalam suasana pandemik Covid-19 dan bekerja dari rumah, sehingga salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah berbagi informasi gizi melalui online seperti ini,’’ tutur Prof Anna.

About Jasmine Sambac

Jasmine Sambac

Check Also

Angka Pasien Covid-19 Masih Tinggi, Para Dokter Rekomendasikan Penggunaan Antiseptik Untuk Kebersihan Diri

GoHappyLive. Com, JAKARTA- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan antiseptik sebagai bagian dari personal hygiene …

Confidence Desain Popok Khusus Pria Dan Wanita

GoHappyLive.com, JAKARTA- Kebutuhan popok dewasa bagi pria dan wanita semakin dibuat lebih spesifik mengikuti  fakta-fakta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *