Tuesday , April 6 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Gramedia Gelar Malam Puncak Apresiasi Bagi Penggiat Literasi

Gramedia Gelar Malam Puncak Apresiasi Bagi Penggiat Literasi

GoHappyLive.com, JAKARTA- Toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia menggelar Awarding Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018. Sebanyak 20 taman dan komunitas baca dari Aceh hingga Papua terpilih menerima penghargaan. Mereka merupakan juara dari 5 wilayah regional yang sebelumnya telah ditentukan oleh Gramedia.

 

Acara yang telah digelar kedua kalinya ini berlokasi di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat 28 September 2018.

Yosef Aditio, Corporate Secretary PT Gramedia Asri Media mengatakan GRCC berawal dari semangat untuk menumbuhkan budaya literasi di Indonesia.

“Di industri menyanyi ada award menyanyi. Tapi untuk literasi kan belum ada. Hal ini selama bertahun-tahun menjadi kegalauan kami. Bagaimana dengan minat baca generasi saat ini? Hal itu yang ingin kita hidupkan. Kita effortnya dengan membuka toko buku agar terjangkau hingga ke pelosok Indonesia. Terakhir Gramedia baru buka toko ke 118 di Aceh,” ungkap Yosef.

Namun kata Yosef, upaya untuk menumbuhkan minat membaca di tanah air tidak mungkin dilakukan Gramedia sendirian.

Lantas timbullah ide untuk menginisiasi lahirnya taman bacaan, dimana Gramedia menjadi donator buku untuk mengisi taman baca-taman baca tersebut.

“Tapi adakalanya juga semangat mereka untuk menjalankan taman bacaan itu hanya sesaat. Setelah kita sumbang buku-bukunya, begitu kita datang lagi 6 bulan kemudian, tahu-tahu taman bacaannya sudah nggak ada. Saat ditelusuri, kita tanya ke orang-orang sekitar , lokasi taman baca yang kita kasih bantuan itu ternyata adalah pos satpam,” kisah Yosef, sembari tertawa lepas.

Kendati begitu, kejadian tersebut hanyalah ulah segelintir oknum tak bertanggung jawab. Kenyataannya kini Gramedia telah menemukan banyak komunitas dan taman baca yang sungguh-sungguh ingin terus menghidupkan budaya baca di Indonesia.

Bahkan sebagai bentuk apresiasi terhadap para penggerak budaya baca ini, Gramedia pun menggelar
Gramedia Reading Community Competition (GRCC) untuk pertama kalinya pada tahun 2016 silam.

“GRCC merupakan kompetisi rutin PT Gramedia Asri Media untuk mencari komunitas dan taman baca yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dari seluruh Indonesia,” papar Yosef.

Proses seleksi sendiri telah berjalan sejak bulan Februari hingga Mei 2018, dimana dari hampir 1000 yang mendaftar tersaringlah sebanyak 20 komunitas dan taman baca saja.

Setelah itu 20 komunitas ini dikelompokkan berdasarkan regional. Regional ini dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik yang berbeda, sehingga tidak ada juara nasional. Adapun kelima regional tersebut adalah Regional Sumatera ; Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat ; Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta ; Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan ; serta Regional NTT, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Selanjutnya, mereka yang terpilih mendapatkan development funding berupa hadiah dan donasi buku selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia.

Pada malam puncak, acara semakin menarik dengan inspirational sharing dari Kang Maman (Penulis dan Penggerak Literasi) serta Nursyida Syam (Penggerak Literasi dari Klub Baca Perempuan Lombok Utara), yang beserta anak-anak didiknya sedang berusaha bangkit setelah didera gempa.

Literasinusantara.com WadahUntuk Komunitas Membaca

Selain penganugerahan pemenang GRCC 2018, Gramedia juga meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com. Situs web tersebut dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi, seperti artikel, aktifitas, profil komunitas/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan oleh Gramedia.

Acara Awarding Gramedia Reading Community Competition 2018 & Launching literasinusantara.com didukung oleh banyak pihak seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, beberapa pemerintah daerah dari wilayah pemenang, penerbit buku, perbankan, asuransi, dan perusahaan-perusahaan yang peduli akan literasi di Indonesia.

“Gramedia senantiasa berupaya untuk menginisiasi kegiatan bertema literasi. Melalui berbagai kegiatan tersebut, Gramedia berharap semakin banyak masyarakat yang mencintai kegiatan membaca, menulis, dan menginspirasi satu sama lain melalui karyanya. Berkolaborasi bersama para penggerak literasi di seluruh Indonesia, merupakan wujud keseriusan Gramedia dalam mendukung pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui literasi,” tambah Suwandi S Brata, Publishing & Education Director PT Gramedia Asri Media.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Baru Saja Terbentuk, Pansel BPJS Dorong DJSN Revisi Perpres RI Tata Cara Pemilihan Dewas

GoHappyLive.com, JAKARTA–Pansel BPJS mendorong  agar DJSN bersama Kementerian/ Lembaga melakukan revisi Peraturan Presiden RI Nomor …

Shopee Untuk Negeri Peduli Air Bersih Untuk Masyarakat NTT

GoHappyLive.com, JAKARTA–Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan berkolaborasi dengan Yayasan Nekmese Mitulo Thalinto …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *