Thursday , September 17 2020
Home / FINANCE / Jamsyar ‘Si Kecil-Kecil Cabe Rawit’ di Usia ke 6 Tahun Dukung Perekonomian Nasional

Jamsyar ‘Si Kecil-Kecil Cabe Rawit’ di Usia ke 6 Tahun Dukung Perekonomian Nasional

GoHappyLive.com, JAKARTA-  Di 6 tahun usia PT  Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) pada 19 September mendatang,  Jamsyar berhasil menorehkan kinerja   memuaskan dengan pencapaian asset melebihi 1 Triliun.

 

Bahkan dalam kondisi perekonomian Indonesia yang mengalami kontraksi sebesar 5,32 % YoY, pertumbuhan bisnis Jamsyar masih meningkat dengan nilai yang cukup besar.

Melihat kinerja bisnis dan keuangan Jamsyar dari bulan Januari hingga Agustus 2020 didukung oleh loyalitas dari mitra-mitra Jamsyar, Direktur Utama Jamsyar, Gatot Suprabowo  mengaku optimis Jamsyar  akan membukukan laba  pada tahun 2020 meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Gatot  menambahkan pertumbuhan aset, ekuitas, laba, volume penjaminan, jumlah terjamin, dan jaringan kantor mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Rata-rata pertumbuhan aset dan ekuitas Jamsyar dari tahun 2015 hingga 2019 adalah sebesar 39,06% dan 23,66% per tahun.

Sedangkan rata-rata pertumbuhan volume penjaminan adalah 64,76% per tahun. Dari penjaminan tersebut, jumlah terjamin yang dijamin adalah sebanyak 1,38 juta terjamin.

Selama periode tersebut, total laba yang dibukukan oleh Jamsyar adalah sebesar Rp 83,86 miliar dengan rata-rata pertumbuhan
per tahun sebesar 57,27%.

“Pertumbuhan bisnis yang sangat cepat tersebut, tetap dilakukan oleh Jamsyar dengan mempertimbangkan aspek kehati-hatian. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi kesehatan sejak tahun pendirian hingga tahun 2017, Jamsyar berada dalam kondisi Sehat dan pada 2 tahun terakhir berkondisi Sangat Sehat,” ungkap Gatot di acara Gathering  Virtual  bersama media, akhir  pekan  ini.

Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Berkat kehati-hatian tersebut, Jamsyar tetap survive dan eksis  di tengah  pandemi.

Pada posisi per 31 Agustus 2020, total aset Jamsyar adalah sebesar Rp 1.252,68 M
atau tumbuh secara YoY sebesar 18,22%. Sedangkan ekuitas Jamsyar di posisi yang sama
adalah sebesar Rp 658,43 M atau tumbuh secara YoY sebesar 18,06%.

Pertumbuhan Aset dan ekuitas tersebut disebabkan oleh pertumbuhan bisnis dan penambahan modal seiring dengan
meningkatnya kepercayaan pemegang saham.

“Dari sisi bisnis, pada posisi yang sama, volume
penjaminan Jamsyar adalah sebesar Rp 20,86 triliun atau tumbuh sebesar 15,57% dari posisi
yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan laba yang diperoleh selama bulan Januari hingga 31
Agustus 2020, adalah sebesar Rp 20,87 Miliar,” lanjut  Gatot.

Peningkatan jumlah terjamin yang dijamin oleh Jamsyar dari tahun ke tahun tersebut menunjukkan bahwa peran Jamsyar cukup besar dalam mendukung pertumbuhan
perekonomian nasional.

Di samping itu, dengan peningkatan jumlah terjamin akan membantu perkembangan usaha dari terjamin sehingga berpengaruh positif terhadap peningkatan  lapangan kerja baru dan meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Pada masa pandemi, peran penjaminan dipandang sangat efektif dalam pemulihan ekonomi nasional.

JamSyar dipercaya untuk ikut serta dalam Program Penjaminan Pembiayaan Modal Kerja
Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program PEN ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program pemerintah untuk mengurangi dampak Covid 19 terhadap perekonomian.

Kinerja yang telah dicapai JamSyar tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder, baik eksternal maupun internal.

Hingga saat ini JamSyar telah bekerja sama dengan  55 mitra kerja yang terdiri dari Bank Syariah, Unit Usaha Perbankan Syariah, Bank Perkreditan  Rakyat Syariah (BPRS), Koperasi Syariah, Perusahaan Pembiayaan Syariah, Asuransi Syariah, dan lembaga Lainnya.

“Alhamdulillah, atas kepercayaan dan dukungan seluruh stakeholders serta loyalitas dan integritas yang tertanam dalam hati seluruh insan JamSyar, JamSyar mampu tetap exist dan survive dalam menghadapi tantangan pada masa pandemi Covid19 “, ujar Gatot, lagi.

Meski masih  terbilang  belia, memasuki  usia ke-6, JamSyar telah memiliki gedung sendiri di kawasan Letjend  Soeprapto,  Jakarta Pusat. Tentu saja ini menjadi modal dasar  untuk meningkatkan brand image JamSyar.

Perolehan laba  selama Januari hingga 31  Agustus 2020 adalah sebesar Rp 20,87 Miliar

Di tahun ini, JamSyar berencana menambah jaringan kantor . Terhitung  ada 14 jaringan kantor, terdiri dari  8 Kantor Cabang dan 6 Kantor Unit Pelayanan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang melayani seluruh wilayah Indonesia. Saat ini Jamsyar juga dalam proses pengurusan ijin OJK untuk menambah 3 Kantor Cabang yang ditingkatkan statusnya dari Kantor Unit Pelayanan.

Pada peringatan Milad ke-6, tahun ini, JamSyar menyelenggarakan berbagai macam kegiatan antara lain : Seminar Virtual bertema “Peran
Penjaminan Syariah dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional“, Bakti Sosial bertema  “JamSyar Peduli Pendidikan” dan “JamSyar Peduli Penanggulangan Covid-19”, Tasyakur dan Gathering virtual, Khataman Al Qurán, dan berbagai lomba.

Seluruh kegiatan tersebut dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan
tanpa mengurangi kemeriahan acara milad tersebut.

“Selain bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur dan untuk berbagi kebahagiaan kepada
masyarakat, rangkaian kegiatan Milad ke 6 JamSyar juga bertujuan untuk meningkatkan
loyalitas dan integritas insan Jamsyar sehingga ke depan diharapkan Jamsyar semakin eksis.  Pada Milad ke 6 Jamsyar tahun 2020 ini mengambil Tagline “Loyalitas Kita Eksistensi JamSyar” kata Ichsan Mufthi, ketua Panitia Milad ke-6 Jamsyar.

Selama tahun 2019 dan 2020, JamSyar berhasil mendapatkan 12 penghargaan di bidang
Marketing, Finance, Good Corporate Governance (GCG), Risk Management & Compliance, Human Capital Management, Corporate Communication, dan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Economic Review.

Di tahun yang sama, JamSyar mendapat penghargaan dalam acara Revolusi Mental Award 2019 dan Brand Strategy Terbaik Corporate Branding Anak Perusahaan
BUMN yang diselenggarakan oleh BUMN Track. Selain itu JamSyar juga mendapat penghargaan
dengan predikat prestisius sebagai Institusi Keuangan Syariah versi Infobank 2019 denganrating “Sangat Bagus”.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Jalankan Program PEN, Jamkrindo Syariah Segera Berikan Penjaminan Pembiayaan

GoHappyLive.com, JAKARTA – PT Jamkrindo dan PT Askrindo mendapat  kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan penjaminan dalam …

Nama Sanken Dicatut, Konsumen Diminta Ikuti Tips Agar Tak Jadi Korban Penipuan

GoHappyLive.com, JAKARTA — Produsen peralatan rumah tangga, Sanken kembali mengalami kasus penipuan yang mencatut nama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *