Sunday , March 29 2020
Home / TRAVEL & CULINERY / Karambia Steak, Andalan Cikang Resto: Upaya Mempertahankan Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western

Karambia Steak, Andalan Cikang Resto: Upaya Mempertahankan Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western

GoHappyLive.com, JAKARTA‐Mengulik keragaman dan keunikan kuliner Padang memang tidak ada habisnya. Tak heran  sejumlah menu masakan Padang,diantaranya rendang dan soto Padang masuk dalam jajaran makanan terlezat di dunia.

 

Setiap kuliner memberikan sensasi makan dan cerita tersendiri dalam cita rasanya. Ini pula yang hingga kini menjadi kenangan tak terlupakan oleh pemilik Cikang Resto, Dr. Ivan Sini.

Dimana dia kerap  diajak  sang ayah  mengunjungi kedai kopi legendaris di kawasan pecinan Padang bernama “Lee Chi Kwang”.

Kenangan- kenangan masa kecil saat menikmati keunikan kuliner Padang itu kini coba dihadirkan Cikang.

Salah satunya menghadirkan kekayaan serta keunikan kuliner padang yang belum diketahui orang banyak dan berbeda dari restaurant padang lainnya, yaitu dengan hadir menyajikan beragam masakan Padang peranakan beserta keunikan cerita dari sajian dan penamaan menunya.

“Guna menarik dan memuaskan pelanggan yang datang untuk bersantap, chef handal kami tidak pernah berhenti berinovasi, melahirkan aneka kuliner dan cerita tercipta pada menunya. Memasuki tahun Ke – 5, Cikang meluncurkan Menu Baru “Karambia Steak” yaitu menu western yang berpadu dengan kearifan kuliner lokal,” ungkap Dr. Ivan R. Sini.

Karambia sendiri dalam bahasa minang dari kelapa. Selama ini kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang serba guna, Seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, mulai dari Akar, Batang, Daun, Daging buah kelapa, Serabut hingga batok kelapa.

Pemanfaatan batok kelapa sebagai bahan bakar (arang) telah dikenal oleh masyarakat di Sumatera Barat selama bertahun tahun.
Seperti menu – menu lainnya, di Cikang yang selalu ada cerita dibalik setiap menunya.

Ivan menceritakan bagaimana penggunaan arang dan minyak kelapa dapat menjadi racikan yang otentik untuk banyak ragam kuliner yang tidak hanya ditujukan pada masakan lokal tetapi juga masakan luar negeri.

“Ayahanda saya, Dr Rizal Sini (alm) selalu membanggakan kemampuan kearifan lokal dalam citarasa kuliner mancanegara.
Berangkat dari pengalaman tersebut maka tercetuslah ide untuk menyajikan menu steak di Cikang, ‘Karambia Steak’. Ini merupakan kuliner steak yang dagingnya dipanggang menggunakan arang batok kelapa dan disajikan bersama saus otentik Cikang yang terbuat dari paduan minyak kelapa dan local herbs serta dilengkapi oleh Salada uci (uci = Nenek dalam bahasa padang) plus kerupuk padang sebagai ciri khas kuliner nusantara. Menu ini hanya ada di Cikang dan tidak ada ditempat lain,” jelasnya.

Dengan diluncurkannya menu baru “Karambia Steak” Dr. Ivan R.Sini berharap akan semakin memperkaya keragaman menu yang ditawarkan Cikang kepada pelanggan, sehingga memberikan lebih banyak pilihan menu yang dapat dinikmati saat mereka bersantap di restaurant.

Menggunakan Daging Sapi khas Impor terbaik “Karambia Steak” ditawarkan dalam 2 pilihan jenis potongan maupun berat daging yaitu Tenderloin dan Sirloin dengan berat 150 dan 180 gram.

Untuk menikmati hidangan lezat tersebut kamu cukup membayar Rp 120.000 sampai dengan Rp. 160.000 tergantung pada berat dan jenis daging yang kamu pilih. Buat kamu yang mau coba sesuatu yang baru, Cikang Resto juga menawarkan pilihan Sotong Bakar Pantai Padang yang tak kalah lezatnya.

Jadi tunggu apalagi, yuk ke Cikang Resto  Sekarang juga dan nikmati kelezatan kuliner ranah Minang yang kekinian.

Untuk mengetahui beragam penawaran dan promo menarik, Follow media sosial kami di IG – @CikangResto

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Yeay, Ubud Bali Bakal Jadi Destinasi Gastronomi Dunia!

Jakarta, Gohappylive.com – Pernah berwisata ke Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali? Ubud memang eksotis. Alam …

Menjawab Kekhawatiran Jamaah, Anamta Tour & Travel Haji Gandeng Dua Perusahaan Di  Saudi Arabia

GoHappyLive.com-JAKARTA- Belakangan ini  marak kasus penipuan mengatas namakan Tour & Travel Haji dan Umrah, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *