Monday , April 19 2021
Home / HOME & TECHNO / PP IPTEK Dorong Generasi Milenial Melek Perkembangan Teknologi Indonesia

PP IPTEK Dorong Generasi Milenial Melek Perkembangan Teknologi Indonesia

GoHappyLive.com, TANGSEL- Peserta kegiatan Discovery Camp yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengunjungi Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), akhir pekan ini.

 

Sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari 75 orang pelajar di 11 SMP / SMA wilayah Jabodetabek, peserta kompetisi Discovery Camp melakukan kunjungan ilmiah ke empat laboratorium Iptek sebagai salah satu rangkaian kegiatan bertema  ‘The Role of Youth in Communicating Science for Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia’ yang diangkat dari tema besar kegiatan JSO 2019.

Adapun laboratorium yang dikunjungi para pelajar berusia antara 13-15 tahun ini  di antaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).

Keempatnya merupakan laboratorium milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berlokasi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Serpong.

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih di sela-sela kunjungannya ke Puspitek Serpong, Tangsel mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia.

Dikatakan Lia, pengetahuan generasi milenial tentang Puspiek  bisa dibilang terbatas. Belum lagi mindset mereka pada Puspitek hanya sebatas ilmiah.

“Setelah berkunjung mereka menjadi paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan serta membuat hujan buatan,” jelas Lia.

Lia menambahkan, setelah melakukan kunjungannya para pelajar tersebut diminta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian.

Selanjutnya Lia berharap kunjungannya ke Puspitek dapat membuka Cakrawala bagi para pelajar tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

” Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka,  bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia,” papar Lia.

Sementara itu salah seorang peserta,  Telisya siswi pelajar SMP Islam Tugasku Pulomas Jakarta mengaku puas dan tertarik akan perkembangan teknologi yang didisplay di ruang Pertahanan dan Keamanan.

” Saya sangat tertarik dan kagum dari teknologi yang di display,  semula saya bercita-cita ingin jadi dokter, tapi setelah berkunjung ke Puspitek ini saya akan merubah cita- cita  saya menjadi Engine, sebab saya ingin membantu mengembangkan teknologi Indonesia,” ucap Telisya, tersenyum manis.

Discovery Camp  sendiri berlangsung sejak   tanggal  21 – 23 Maret 2019 di gedung PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

 

 

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Pembelajaran Digital Kian Pesat, Acer Luncurkan Acer for Education

GoHappyLive. Com, JAKARTA–Kebutuhan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat. Sebagai brand teknologi yang terus berinovasi, …

Sempurnakan Dekorasi Rumah Anda Dengan Furniture Yang Tepat

GoHappyLive.com, JAKARTA– Mendekorasi rumah menjadi salah satu hobi baru yang mulai diminati banyak orang. OLYMPIC …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *