Tuesday , July 23 2019
Home / PROFILE / Salmafina Sunan : Melalui Buku ‘Ketika Cinta Diuji’, Ajak Wanita Tidak Tergoda Menikah Muda

Salmafina Sunan : Melalui Buku ‘Ketika Cinta Diuji’, Ajak Wanita Tidak Tergoda Menikah Muda

Pasca berakhirnya pernikahan singkatnya dengan hafiz  Taqy Malik, pelan-pelan Salmafina putri dari pengacara kondang  Sunan Kalijaga , mulai menata diri. Bahkan wanita berusia 19 tahun ini merasa terpanggil menyerukan agar wanita seusianya tidak menempuh langkah menikah muda lewat media buku.

 

Tak jarang kita  mendengar orang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik.  Adakalanya untuk mendapat sebuah pembelajaran, seseorang harus menghadapi berbagai rintangan dalam hidupnya.

Di usianya yang terbilang muda, Salmafina Khairunnisa atau akrab disapa Salmafina Sunan telah melewati  sejumlah step kehidupan yang  belum tentu dialami remaja seusianya.

Ya , keputusannya menikah muda dengan  penghapal al qur’an atau hafiz Taqy Malik beberapa waktu lalu meski menyisakan rasa sakit , namun sekaligus mendewasakan dirinya.

Setelah sempat menepi dari hingar bingar social media, bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 13 Agustus 2018,  Salma meluncurkan buku berjudul Ketika Cinta Diuji.

“ini buku tentang perjalanan aku dari sebelum hijrah , menikah sampai akhirnya berpisah (bercerai) dan juga soal karier,” ucap Salma , awal pekan ini.

Salma mengatakan di buku ini dia tidak melulu membicarakan soal percintaan. Jika pun ada, cinta yang dimaksud adalah cinta yang universal.

“Bukan semata-mata cinta terhadap seseorang. Tapi buku ini bercerita mengenai bagaimana cara aku bangkit dari keterpurukan. Melalui buku ini aku  juga membuka rahasia pribadi saya. Mungkin sampai 60 persen . Karena selama ini banyak yang bertanya kenapa sih berpisah? .  Seperti apa proses hijrah saya,” papar Salma, lagi.

 

Terhipnotis Oleh Quote

Putri pengacara Sunan Kalijaga ini pun tak segan menyebut buku yang ditulisnya  sejak awal tahun lalu itu masuk dalam kategori biography,

Sebab menurutnya, dengan up and down dalam kehidupan yang dia alami selama ini , sudah cukup  membuahkan sebuah karya biography.

Menuliskan sebanyak 60 persen persoalan pribadinya, Salma mengatakan tidak khawatir akan mendapat protes dari pihak lain, sebut saja sang mantan.

“Memang benar 60 persen adalah pengalaman hidupku. Tapi nggak semuanya membicaraka part pernikahan. Di buku ini aku juga nggak membawa-bawa nama siapa pun. Tapi kalau nanti ada pro dan kontra, mungkin saja ada. Saya nggak bisa meredam hal itu,”  urainya.

Dalam hal ini Salma mengatakan  hanya focus pada niat baiknya. Yaitu ingin mengedukasi sebanyak mungkin anak muda untuk berpikir panjang sebelum memutuskan menikah muda.

Salma mengaku dulu dirinya sempat terhipnotis oleh indahnya cerita tentang menikah muda.

“Aku terhipnotis oleh quote-quote indahnya pernikahan dini. Setelah menjalaninya , aku rasa menikah itu harus punya  kematangan pribadi. Bagaimana caranya menyatukan dua kepala  dalam satu wadah bernama pernikahan, Saya akui itu sulit,” lanjut Salma seraya mengaku tidak trauma dengan lembaga pernikahan.

Meski tidak trauma, Salma mengatakan dalam waktu dekat belum berpikir untuk melepas masa kesendirian.

Untuk beberapa tahun ke depan, Salma ingin focus melanjutkan kuliah, menjalani bisnis dan menjajal banyak hal.

“Di usia 19 ini, sama sekali belum berpikir untuk menikah lagi. Bukan trauma sih, tapi lebih hati-hati aja dalam membuat keputusan,” pungkasnya, sembari menyunggingkan senyum.

 

 

 

 

 

About Oriza Sativa

Oriza Sativa

Check Also

Wida Septarina: FOI Pertemukan Pihak Berkelebihan Dengan Berkekurangan

GoHappyLive.Com, JAKARTA- Foodbank of Indonesia (FOI), lembaga masyarakat kemanusiaan yang misinya membuka akses pangan, melakukan …

Nina Septiana

Desainer Brand Nina Nugroho :

"Apapun yang Terjadi, Family Come First"

GoHappyLive. Com,  JAKARTA- Ditengah kesibukan membesarkan brand busana Nina Nugroho , sang owner Nina Septiana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *