Tuesday , April 6 2021
Home / ENTERTAINMENT / ”The Best of Keluarga Somat” Hadir Dalam Format DVD

”The Best of Keluarga Somat” Hadir Dalam Format DVD

Sukses menjadi salah satu tayangan animasi yang digemari anak-anak di Indonesia, kini Film animasi Keluarga Somat yang sarat dengan pesan kebhinekaan diproduksi dalam bentuk kepingan DVD. Film animasi Keluarga Somat dirilis dengan komposisi beberapa episode terbaiknya mengambil tema ‘The Best of Keluarga Somat’.

Film animasi produksi Formula Pictures karya sutradara Eko Nugroho ini mengangkat kisah realitas keseharian hidup keluarga Pak Somat beserta istri, Bu Inah dan kedua anaknya, Dudung dan Ninung. Keluarga Somat dihadirkan sebagai sebuah keluarga yang mengedepankan sikap demokratis, keterbukaan dan menghargai perbedaan yang ditunjukkan melalui tokoh-tokoh lain dengan latar belakang kultur berbeda.

Selain memiliki alur yang mudah dicerna, sarat dengan pesan moral tentang nilai demokrasi dan Bhineka Tunggal Ika. Banyak sisi humanis dan karakternya begitu dekat dengan keseharian kita dan dikemas secara ringan dan kocak.

Psikolog anak Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto menyambut secara positif atas dirilisnya DVD ‘The Best of Keluarga Somat’ . Karena melalui media visual ini, anak-anak dari usia 3-4 sudah dapat mencerna pembelajaran.

“Nilai-nilai yang diambil dari Keluarga Somat, bahwa anak juga perlu bersuara. Sementara orangtua juga perlu mendengar. Sehingga ketika anak-anak sudah besar, tidak akan memaksakan kehendaknya. Kalau jadi pemimpin mau mendengar suara rakyat atau bawahannya,” kata Kak Seto.

peluncuran dvd ”the best of keluarga somat ” hasil kerjasama formula pictures dan cfc/ foto: oriza

Orangtua perlu menemani anak-anaknya saat menonton serial ini, agar terjadi diskusi ringan.

“Nah, ini perlu kita manfaatkan untuk hal-hal positif. Tetapi juga perlu ada pengantar, evaluasi dan sebagainya. Dari situ timbul dialog dengan anak. Tanya pada anak, menurut kamu gimana tadi?. Dan yang terpenting pilihlah tayangan yang berkualitas. Sebaiknya yang banyak unsur musiknya sehingga anak betah, jadi tidak terlalu banyak dialog. Itu justru membuat anak cepat bosan” lanjut Kak Seto, lagi.

DVD ‘The Best of Keluarga Somat’ diproduksi Formula Pictures bekerjasama dengan restoran cepat saja, CFC. Sebelumnya mereka sukses dengan penjualan DVD Film Doraemon.

Menurut Rino Hadisa film animasi Indonesia termasuk langka diproduksi oleh perfilman Indonesia, oleh sebab itu patut kita sambut keberhasilan serial animasi Keluarga Somat ditengah persaingan animasi dari negara lain.

Berbagai keberhasilan diraih Film Animasi Keluarga Somat, diantaranya: Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kategori Program Animasi Terbaik dan Animasi Anak. Bahkan rating share Film Keluarga Somat berhasil menggusur rating Film Animasi import. Prestasi yang cukup membanggakan insan perfilman Indonesia.

“Kita nge-blend dengan produk asli Indonesia, yaitu CFC ini. Setelah ini tidak menutup kemungkinan kita akan merambah film-film lain,”ucap Rino.

Sementara itu Yan Wijaya, wartawan senior sekaligus pengamat film mengatakan proses pemilihan episode mana yang akan masuk dalam the best DVD ini sempat berjalan alot. Karena semua pihak ingin menyuguhkan tontonan yang terbaik yang terbaik pada keluarga Indonesia.

Akhirnya dipilihlah 7 chapter yang dianggap paling diminati anak-anak, yaitu:
1. Menjaga Kebersihan
2. Ditilang Polisi
3. Nonton Sirkus
4. Jelajah Masa Lalu
5. Kemping Di Hutan
6. Berkunjung ke Museum
7. Air Sumber Kehidupan

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Harsiwi Achmad: Duta LIDA 2021 Datang Dari Beragam Profesi

GoHappyLive.com, JAKARTA–Kompetisi menyanyi dangdut Liga Dangdut Indonesia (LIDA) memasuki musim ke empat di tahun 2021 …

Babak Baru Kehidupan Para Pemenang Popa Indosiar: Hidup Mewah di Apartemen, Tapi Harus Rela Jauh dari Keluarga

GoHappyLive.com, JAKARTA–Usai memenangi ajang pencarian bakat Popa Academy (Popa) Indosiar, para juara satu, dua dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *