Tuesday , January 25 2022
Home / ENTERTAINMENT / Aktif Bikin Konten, Ayu Azhari Sosialisasikan Program Sehati

Aktif Bikin Konten, Ayu Azhari Sosialisasikan Program Sehati

GoHappyLive.com, JAKARTA- Aktris senior Ayu Azhari punya kesibukan baru sebagai youtuber. Menariknya konten yang dibagikan Ayu banyak terkait dengan isu-isu kebudayaan dan keberdayaan ekonomi masyarakat. Seperti yang terbaru adalah Ayu membagikan konten hasil obrolan santainya dengan Dr. Mastuki M.Ag Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH.

 

Kakak kandung Sarah Azhari dan Rahma Azhari itu tampak berbincang seputar program baru BPJPH yang bernama Sehati melalui kanal Youtube The Azhari’s, miliknya.

Dalam kegiatan sosialisasi program BPJPH, Mastuki membeberkan secara lengkap informasi yang dibutuhkan masyarakat tentang tata cara mendapatkan sertifikasi 100 persen halal. Ayu Azhari pun mencari tahu untuk hal tersebut, untuk siapa program itu diadakan ?

”Program Sehati atau Sertifikasi Halal Gratis bagi pelaku UMK adalah kolaborasi BPJPH Kemenang bersama Kementerian, Lembaga, Pemda, Swasta dan Mitra BPJPH lainya,” ungkap Mastuki dikutip GoHappyLive.com.

Mastuki menjelaskan, Sertifikasi Halal semula dikelola oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) , namun saat ini dikelola oleh Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal ( BPJPH), Kementerian Agama Republik Indonesia, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Guna mendapatkan sertifikasi halal secara gratis bisa diperoleh melalui pendaftaran secara online. Sebelum merilis program Sehati (Sertifikasi Halal Gratis) sejak September lalu, BPJPH tahun 2020 telah merilis program yang sama dengan nama Fasilitasi Untuk Sertifikasi Halal untuk UMK. Program ini pun telah mendapat dukungan dari beberapa kementerian.

“Dari kementerian, lembaga, masyarakat, BUMN, BUMD sudah memberikan pendampingan juga. Bahkan beberapa platform digital itu memiliki concern yang sama untuk memberikan fasilitas ini. Jadi kami bebas saja. Ini program yang terbuka untuk sama-sama memberikan bantuan bagi UMK. Intinya BPJPH mencoba memperbanyak UMK yang bisa mendapatkan fasilitasi pembiayaan dari Kemenang maupun kementerian yang lain,”ujar Mastuki.

Soal target, Mastuki mengatakan BPJPH akan merangkul sebanyak 15 ribu UKM. “Sampai hari ini untuk kuota 3500 di BPJPH sudah habis, sementara dari kementerian atau lembagai lain terus masuk karena batas waktu kita berikan sampai bulan Desember. Semua pendaftaran dilakukan secara online ya, tidak ada yang manual,” lanjutnya.

Ayu kembali menanyakan syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh UMK guna memperoleh pendampingan program Sehati ini. Mastuki mengatakan UKM yang layak menerima adalah yang memiliki omset dibawah Rp 2 Miliar.

”Tidak semua UMK, ada kategori tertentu, ada batasan. Ada yang sampai memiliki omset sampai Rp. 15 miliar ini terlalu tinggi, maka kami ambil mikro maupun kecil omsetnya dibawah Rp. 2 miliar, “ katanya.

Selama satu jam, Ayu Azhari juga mewawancarai banyak narasumber lain, seperti Sekretaris Fatwa MUI, KH. Miftahul Huda berkaitan dengan Sertifikasi Halal Gratis.

”Program Sehati bagus bagi pelaku UMK. Ini kerjasama semua pihak. Peran MUI sangat penting disini karena standar sertifikasi sesuai dengan fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI,” ujarnya KH Miftahul Huda.

Terkait aktivitasnya, sejak beberapa tahun belakangan istri penyanyi Mike Trump ini nyaman sebagai duta kebudayaan dan menjadi relawan saat pandemic Covid-19.

Selain itu Ayu Azhari juga terlibat dalam organisasi Perempuan Muslimah Amanah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Dimana saat ini Ayu tercatat sebagai ketua umumnya.

Dalam beberapa kesempatan Ayu Azhari bersama rekan-rekannya terlihat memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Untuk informasi lengkapnya soal Sertifikasi Halal, bisa disaksikan di You Tube Azhari’s. Ini link lengkapnya, http://youtu.be/yO5BSY6skf4

About Dewi Syafrianis

Check Also

Selera Musik dan Fashion Isyana Sarasvati Tergambar Lewat Busana Koleksi ThenBlank

GoHappyLive.com, JAKARTA- Diva musik Isyana Sarasvati  kerap melakukan kolaborasi dengan banyak pihak, terutama di bidang …

Rumah Mode Wong Hang Tailor Rancang Jas Untuk Official dan Kontingen PON ke-20 di Papua

GoHappyLive.com, JAKARTA- Rumah mode Wong Hang Tailor menjadi salah satu bagian yang turut mensukseskan   Pekan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *