Thursday , February 22 2024
Home / Uncategorised / Atasi Penimbunan Sampah Rumah Tangga, Hero Supermarket Kampanye Hero x FoodCycle Farm

Atasi Penimbunan Sampah Rumah Tangga, Hero Supermarket Kampanye Hero x FoodCycle Farm

GoHappyLive.com, JAKARTA–Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022, jumlah timbunan sampah di Indonesia telah mencapai angka 36,1 juta ton. Diperkirakan 40.3% diantaranya merupakan limbah sisa makanan yang belum dapat terkelola dengan baik. Hal ini menambah deretan panjang isu persoalan sampah yang menjadi tantangan di Indonesia.

 

 

Menyikapi kondisi ini, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Hero Supermarket, berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia untuk membantu mengurangi limbah organik melalui program Hero x FoodCycle Farm.

Hero Supermarket memiliki peran dan kontribusi penting dalam mendukung kelestarian lingkungan, di mana sebagai ritel yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya, Hero selalu berupaya memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. Hero mewujudkannya dengan komitmen dan rencana keberlanjutan melalui berbagai inisiatif di bawah naungan program Hero For Life.

Hero x FoodCycle Farm merupakan inisiatif terbaru yang dilakukan Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia (FCI) untuk pengelolaan limbah organik dengan menggunakan teknologi biokonversi Black Soldier Fly (BSF). Hero Supermarket dan FCI menghadirkan program terobosan baru untuk mengatasi limbah makanan yang dihasilkan dari kegiatan bisnis sehari-hari, di mana Hero bertanggung jawab meminimalisir dampak tersebut.

Direktur Hero Supermarket, Hendy mengatakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi dan tanggulangi bersama adalah isu food waste di Indonesia yang kian genting. Sebagai pionir ritel modern yang tumbuh bersama masyarakat Indonesia lebih dari 52 tahun, Hero Supermarket berkomitmen menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Hero memastikan untuk menekan dampak negatif secara maksimal dari setiap langkah operasional bisnis yang dilakukan. Kami berharap program Hero x FoodCycle Farm tidak hanya mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan namun juga menjadi added value baik untuk Hero Supermarket, FCI, maupun masyarakat Indonesia,” ungkap Hendy.

Melalui program Hero x FoodCycle Farm, Hero Supermarket dan FCI tidak hanya mampu mengatasi penyerapan sampah organik setiap harinya namun juga mengurangi sekitar 4,5 ton emisi CO2 setiap bulannya dikarenakan proses pengelolaan limbah makanan ini dilakukan langsung di area toko Hero tanpa perlu berpindah tempat seperti proses kelola sampah pada umumnya.

Menariknya, program ini juga menghasilkan pupuk organik yang dimanfaatkan untuk budidaya pertanian petani lokal, di mana hasil produk tersebut juga akan dipasarkan di sejumlah toko Hero Supermarket.

Co-Founder FoodCycle Indonesia, Herman Andryanto menambahkan FoodCycle Indonesia menyambut baik dukungan Hero Supermarket dalam pelaksanaan program kolaborasi Hero x FoodCycle Farm.

“Ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam mengurangi food waste atau limbah makanan menimbun di tempat pembuangan akhir, serta penerapan sistem pangan berkelanjutan yang tentunya sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita semua,” jelas Herman Andryanto.

Produk-produk pertanian Hero x FoodCycle Farm kini sudah tersedia di gerai-gerai Hero Supermarket di area Jabodetabek. Pelanggan dapat menikmati produk fresh dan berkualitas sekaligus mendukung kesejahteraan petani lokal.

Pelanggan juga dapat menikmati penawaran Buy 2 Get 1 untuk pembelian produk Hero x FoodCycle Farm selama periode 4 – 10 Desember 2023.

Dapatkan informasi terkait program sustainability HERO Group melalui laman Instagram Hero For Life https://www.instagram.com/heroforlife.id/ serta promosi menarik lainnya melalui Instagram Hero Supermarket https://www.instagram.com/herosupermarket/?hl=en.

About Dewi Syafrianis

Check Also

Pemilihan Popok Yang Tepat, Percepat Tali Pusat Bayi Mengering

GoHappyLive.com, JAKARTA–Tali pusat merupakan bagian alami dari tumbuh kembang bayi. Tali pusat, yang menghubungkan bayi …

Remaja Pemula Wajib Pakai Basic Skincare, Ini Faktanya!

GoHappyLive.com, JAKARTA–Pengunaan skincare kini menjadi satu keharusan pada para wanita. Penggunaan produk skincare berperan penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *