Sun. May 26th, 2024

Atasi Sakit Tenggorokan, Betadine Ajak Masyarakat Berkumur 2 Kali Sehari

By Dewi Syafrianis Mar17,2023

GoHappyLive.com, JAKARTA–Peningkatan pasien penderita sakit tenggorokan mengalami puncaknya di  masa bulan ramadan. Penyebab utamanya  diakibatkan oleh infeksi bakteri atau kuman, kurang minum, gangguan asam lambung, hingga rangsangan pada tenggorokan. Terlebih saat berbuka puasa, pasien terpacu  mengkonsumsi makanan terlalu pedas, terlalu dingin, terlalu panas, dan lain-lain.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Betadine berupaya menjaga kesehatan tenggorokan dan mulut, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Povidone-Iodine sebagai pertolongan pertama untuk gangguan tenggorokan.

dr. Gia Pratama seorang dokter ahli dalam  diskusi #JanganBerhenti Sedia Kebaikan Dengan Betadine di Bulan Ramadan di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan pada saat puasa, kesehatan tenggorokan dan rongga mulut harus lebih diperhatikan dengan cara mencermati jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dan menjaga kondisi flora normal (bakteri baik) pada mulut.

Kontaminasi bakteri dan virus jahat akan semakin mudah terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi yang mengakibatkan jumlah air liur di mulut berkurang.

Hal ini juga dipicu oleh kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka berbuka dengan gorengan dan minuman manis, menambah risiko nyeri tenggorokan. Selain itu bagi pengidap asam lambung perlu diwaspadai karena asam dari lambung dapat naik yang menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri saat menelan.

“Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tenggorokan dan rongga mulut secara rutin selama berpuasa dengan cara berkumur dengan larutan yg memiliki kandungan Povidone-Iodine yang efektif membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat meredakan nyeri tenggorokan, mencegah sariawan dan menghilangkan bau mulut,” ujar Gia pada Kamis 16 Maret.

Gargle atau berkumur dengan Povidone-Iodine terbukti secara klinis dapat membunuh kuman penyebab sakit mulut dan tenggorokan juga mencegah penyebarannya. Gargling dapat dilakukan dengan 20 ml larutan Povidone-iodine selama 30 detik. “Oleh karena itu penting bagi masyarakat Indonesia untuk selalu sedia mouthwash dengan kandungan Povidone-Iodine dan rutin melakukan gargle 2 kali sehari selama berpuasa, yakni saat sahur dan setelah berbuka untuk mengurangi risiko pertumbuhan jamur, bakteri dan virus di tenggorokan dan rongga mulut,” urai Gia.

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menambahkan dalam rangka World Oral Health day dan bulan Ramadan, Mundipharma meluncurkan kampanye #JanganBerhenti Sedia Kebaikan Bersama Betadine untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kesehatan tenggorokan, mulut dan hidung serta mengajak untuk terus berbuat kebaikan dengan sedia produk Betadine setiap saat, bagi diri sendiri dan keluarga.

Kampanye ini akan berjalan selama bulan Ramadan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti video content 30 hari Ramadan #JanganBerhenti Sedia Kebaikan, podcast, hingga berbagai promo menarik seperti Big Ramadan Sale di Tokopedia.

Betadine melalui rangkaian Cold & Flu: Betadine Mouthwash & Gargle, Betadine Throat Spray, Betadine Lozenges, dan Betadine Nasal Spray hadir sebagai solusi yang dapat melindungi kesehatan tenggorokan, mulut dan hidung.

“Dilengkapi dengan antiseptik Povidone – Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah kuman pada rongga tenggorokan dan mulut sebanyak 99 persen dengan efektivitas tinggi dan dalam waktu singkat,” ujar Anastasia.

Zata Ligouw, salah satu  pengguna Betadine Cold & Flu yang hadir menjadi kegiatan diskusi ini  ikut berbagi pengalaman pribadinya.

“Saat berbuka puasa biasanya saya dan keluarga berbuka dengan gorengan. Hal ini tentunya bisa memicu sakit tenggorokan dan batuk tapi dengan rutin bergargle dengan Betadine Mouthwash & Gargle itu ampuh menghilangkan sakit tenggorokan dan gejala batuk. Kalau tenggorokan sudah mulai terasa gatal tinggal semprot dengan Betadine Throat Spray maka rasa gatalpun segera hilang,”pungkasnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *