Saturday , September 25 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Cara Menggunakan & Mendownload Video Online Gratis

Cara Menggunakan & Mendownload Video Online Gratis

GoHappyLive.com, JAKARTA-Konten video semakin digemari dan dibutuhkan dimana-mana. Preferensi masyarakat saat ini lebih menyukai konsumsi konten video dibandingkan konten dengan format lain seperti tulisan maupun gambar.

“Hasil riset dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menunjukkan masyarakat Indonesia lebih menggemari konten video dengan 45% dibanding format konten lainnya dengan game 17% dan musik dengan 14%,” demikian diungkapkan dalam rilis yang diterima GoHappyLive.com, baru-baru ini.

Konten video memiliki fungsi yang sangat serbaguna dan dapat dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan.

Salah satu alasannya adalah padatnya informasi yang bisa dimasukkan ke dalam satu video melalui audio & visual. Hampir seluruh aspek kehidupan saat ini menggunakan dan membutuhkan video, terutama dalam hal bisnis.

Berikut adalah beberapa kegunaan praktis konten video.

1. YouTuber
Platform media sosial tempat berbagi konten video yang dibuat oleh content creator. Seluruh video YouTube merupakan kontribusi dari content creator yang menciptakan video sesuai dengan komunitas yang sudah dibangun. Dari konten yang diciptakan ini, content creator mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang pada video tersebut.

2. Iklan/Promosi
Iklan/promosi sudah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk memajukan usahanya. Iklan bisa menggunakan berbagai bentuk media seperti visual, audio, atau video (visual & audio). Video sering menjadi sarana utama perusahaan untuk mempromosikan produk atau jas ra Red a karena banyaknya informasi yang bisa tercantum ke dalam satu video.

3. Hiburan Pribadi
Serupa dengan paragraf pembuka di atas, masyarakat lebih gemar mengkonsumsi konten video dibandingkan format media lainnya. Konten video telah menjadi bentuk hiburan utama yang dicari oleh masyarakat, maka dari itu platform berbasis video seperti YouTube memiliki jumlah pengguna yang sangat besar.

 

Tips Mendownload Video Online Gratis

Melihat kebutuhan dan kegunaan konten video yang begitu banyak dan begitu luas, banyak orang tertarik untuk menggunakan atau memproduksi konten video untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Namun tidak semua orang memiliki sumber daya atau keterampilan untuk memproduksi konten video, maka dari itu stock footage menjadi solusi yang sangat cocok bagi masalah ini.

Penggunaan stock footage menjadi pilihan sumber konten video terbaik kedua setelah memproduksi sendiri karena alasan legalitas.

Konten video sudah menjadi konten kreatif yang terlindungi oleh undang-undang hak cipta, yang artinya orang tidak bisa sembarangan download video online gratis lalu menggunakan konten tersebut untuk kepentingan pribadi atau organisasi.

Hal ini sudah termasuk praktik ilegal yang memiliki resiko sanksi pidana dan denda. Resiko ini akan terhindari jika menggunakan jasa layanan penyedia stock footage yang mayoritas sudah dilengkapi dengan lisensi hak cipta untuk menggunakan konten video tersebut untuk berbagai kebutuhan.

 

Jenis Hak Cipta Konten Kreatif Download Video Online

Meskipun stock footage sudah dilengkapi dengan lisensi hak cipta dari pihak yang bersangkutan, ada baiknya memahami aspek legalitas hal ini sebelum menggunakan dan mendownload video online di internet. Izin hak cipta bisa memiliki keterangan dan perizinan penggunaan konten yang berbeda-beda, berikut beberapa jenis lisensi penggunaan konten hak cipta.

1. CC0
CC0 merupakan jenis lisensi yang paling bebas dari seluruh jenis lisensi. Konten dengan lisensi CC0 dapat digunakan untuk segala kebutuhan, tanpa perlu memberikan kredit kepada pihak yang menciptakan konten tersebut. Untuk penggunaan yang paling aman dan mudah, sangat disarankan untuk mencari dan menggunakan konten dengan lisensi CC0.

2. CC BY 4.0.
Lisensi juga memberikan izin penggunaan konten untuk segala kebutuhan, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pastikan syarat-syarat di atas sudah terpenuhi sebelum menggunakan dan mempublikasikan konten video yang mengandung karya orang lain.
a. Memberi kredit atas pihak yang menciptakan konten,
b. Mencantumkan link dari lisensi,
c. Mencantumkan info jika ada modifikasi pada konten.

3. CC BY-SA 4.0.
Hampir serupa dengan CC BY 4.0., lisensi ini memberikan izin penggunaan konten jika sudah memenuhi syarat tersebut. Perbedaannya adalah, konten yang akan dipublikasikan harus disertai lisensi yang serupa untuk melindungi distribusi konten lebih lanjut.

4. CC BY-NC 4.0.
Hampir serupa dengan CC BY 4.0., namun perbedaannya ada pada penggunaan konten yang tidak diperbolehkan untuk kebutuhan komersil. Penggunaan pribadi dan non-komersil sangat diperbolehkan menggunakan konten tersebut.

5. CC BY-ND 4.0.
Lisensi ini memperbolehkan penggunaan konten untuk kebutuhan komersil dengan syarat pencantuman pencipta dan lisensi, namun konten tersebut tidak memperbolehkan ada modifikasi atau perubahan atas konten. Jika ada perubahan atau modifikasi atas konten tersebut, maka hanya boleh digunakan untuk kebutuhan pribadi dan non-komersil.

 

*Rekomendasi Video Online Gratis*

Sudah banyak perusahaan penyedia stock footage baik gratis maupun berbayar yang bisa dijadikan sebagai sumber konten. Berikut beberapa website rekomendasi penyedia stock footage.

1. Wave.video
Website ini memiliki lebih dari 300 juta konten dengan lisensi baik yang berbayar maupun gratis. Pastikan konten memiliki lisensi yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu pribadi maupun komersil.

2. Pixabay
Salah satu website sumber stock footage paling populer di internet. Koleksi konten yang beragam memberi pengguna banyak pilihan, selain itu seluruh konten di website ini dilengkapi dengan lisensi CC0.

3. Pexels Videos
Pexels Videos juga merupakan website sumber stock footage yang populer di internet. Pexels Videos memberikan konten foto dan video yang berlisensi CC0.

4. Videezy
Videezy memberikan beragam stock footage beresolusi tinggi hingga 4K yang dapat dipilih oleh pengguna. Pengguna perlu memberi perhatian extra, sebagaimana ada beberapa konten Videezy dilengkapi dengan lisensi selain CC0. Pastikan stock footage yang digunakan dilengkapi lisensi CC0, sebelum menggunakannya dalam konten.

 

*Kelebihan Download Video Online dengan UC Drive*

Ada baiknya video online yang diunduh memiliki media penyimpanan sentral yang mudah diakses kapanpun, dan dimanapun. Solusi populer dan sering digunakan adalah penggunaan teknologi cloud storage, yang memudahkan pengguna mengakses konten video dimanapun dan kapanpun dalam satu akun. Salah satu penyedia cloud storage yang mumpuni adalah UC Drive, dengan beberapa fitur berguna yang menjadikan UC Drive cloud storage unggul dibanding kompetitor lain.

UC Drive dilengkapi dengan penyimpanan gratis sebesar 20GB, paling besar dibandingkan kompetitor lain. Dengan 20GB, pengguna dapat lebih leluasa menyimpan dan mendownload video online dalam jumlah yang lebih banyak. Sebagai konteks, 20GB setara dengan 20 film, 4.000 lagu, atau 20.000 gambar. Kapasitas besar menjadikan UC Drive media penyimpanan sentral dan utama yang memudahkan pengguna mengakses konten online favoritnya.

UC Drive juga memiliki fitur yang mempermudah pengguna untuk menyimpan dan mendownload video online favorit. Pengguna hanya perlu menekan pilihan “Like and Save to UC Drive” pada konten yang ingin diunduh, kemudian konten online akan langsung tersimpan ke dalam UC Drive masing-masing pengguna.

Setelah tersimpan pada cloud storage UC Drive, pengguna dapat mengakses konten video online favorit mereka dimanapun, kapanpun, di perangkat apapun hanya dengan log-in ke akun UC Drive masing-masing pengguna. Konten akan segera tersinkronisasi ke perangkat yang baru dan pengguna dapat kembali menikmati konten favorit mereka.

 

*Media Penyimpanan Video Online*

UC Drive bisa menjadi perangkat penyimpanan berguna untuk kebutuhan konten video. Pengguna dapat mengumpulkan koleksi stock footage yang siap digunakan kapanpun untuk segala kebutuhan, baik itu koleksi pribadi untuk media sosial, maupun kebutuhan komersil dalam konten video promosi atau iklan.

Didukung dengan kapasitas besar dan kecepatan download yang tinggi, pengguna bisa download video online gratis sebanyak-banyaknya tanpa perlu khawatir kehabisan media penyimpanan di perangkat mereka.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

4 Cara Memulihkan Indera Perasa dan Penciuman Pasca Covid-19, Salah Satunya Konsumsi Makanan Dengan Rasa Kuat

GoHappyLive.com, JAKARTA- Pasca sembuh dari Covid-19, seringkali fungsi penciuman belum kembali 100 persen. Tentunya kondisi …

Hadapi Pandemi, Anak Pun Bisa Stres , Zaskia Mecca: Saya Selalu Dukung Aktivitas Mereka Dengan Cemilan Favorit

GoHappyLive.com,JAKARTA- Hampir dua tahun menjalani hidup bersama pandemi COVID-19, tak dapat dipungkiri orang dewasa maupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *