Tue. Sep 17th, 2024

Rumah Mode Wong Hang Tailor Rancang Jas Untuk Official dan Kontingen PON ke-20 di Papua

GoHappyLive.com, JAKARTA- Rumah mode Wong Hang Tailor menjadi salah satu bagian yang turut mensukseskan   Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021.  Melalui stelan jas-jas karya Wong Hang yang keren, membuat penampilan official maupun  kontingen asal Papua selama PON mengundang perhatian.

 

“Bangga mempersembahkan setelan terbaik untuk seluruh kontingen PON Papua XX di Jayapura, Papua # Torangbisa,” tulis Stephen Wongso,  pemilik Wong Hang  dilaman akun instagramnya, menampilkan sebuah video berdurasi 30 detik.

Setelah Presiden Joko Widodo membuka pesta empat tahun sekali itu  para ofisial dan kontingen tampil dipanggung  mengenakan kemeja putih, setelan jas warna biru dikombinasi dengan batik bermotif batik Papua.

Stephen Wongso  mengaku  sebagai  orang yang berada dibalik layar, ia merasa bahagia  bisa memoles seluruh penampilan  bukan hanya atlit tetapi juga semua tamu VIP dan VVIP, pada upacara pembukaan PON, Papua, di Stadion Lucas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021) lalu.

”Kerja keras dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan ribuan jas, kemeja dan ikatan yang hari ini digunakan oleh semua kontingan dan semua VIP dan VVIP pada upacara pembukaan PON Papua,” tulis kakak kandung desainer Samuel Wongso itu.

Terasa istimewa ketika Presiden RI, Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, SIP, dan Kapolri  Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo  turut mengenakan setelah jas berwarna biru  dikombinasi batik bermotik batik Papua tersebut.

Batik tersebut hasil desain putra daerah Papua, Wong Hang Tailor tinggal menyesuaikan dan me-match kan dengan warna bahan dan detil jas-nya.  Stephen Wongso menjelaskan membutuhkan waktu lima minggu untuk  mengerjakan setelan jas lengkap tersebut.

”Untuk VVIP kebetulan kami sudah ada size measurement- nya jadi tinggal kami copy paste saja. .Kebetulan mereka merupakan customer kami,” kata Stephen Wongso.

Stephen menegaskan, semua desain sudah disepakati dengan PB PON dan semua institusi yang tergabung di dalamnya.  ”Bahan yang untuk VVIP kami menggunakan bahan 100% yang kami design khusus sesuai dengan style PON Papua XX dan kami padu padankan dengan design batik khusus Papua . Termasuk lining( furing ) kami custom design dan detailnya,” tutur Stephen Wongso.

Pada PON kali ini penampilan  seluruh kontingen menjadi perhatian diluar lapangan, sehingga penampilan mereka harus menarik.

”PON event yang membanggakan buat Papua, Indonesia dan kita semua karena merupakan event bergengsi yang ditunggu sekian lama oleh semua orang. Menjadi bagian dari event olaharga besar merupakan suatu kebanggaan karena kita Putra Putri Indonesia punya sumbangsih terhadap bangsa dan negara,” tutur Stephen..

Olahraga tidak hanya merupakan sport industry, namun juga merupakan fashion industry hingga lifestyle, sehingga penampilan terlihat berkelas.  ”Untuk jas yang pasti akan di pakai untuk opening, closing dan event- event penting selama acara PON Papua,” terang Stephen Wongso.

Stephen-Wongso-Fitting-bersama-Kapolda-Papua-Irjen-Pol-Matheus-Fakhiri-foto-Ist
Stephen Wongso fitting bersama Kapolda Papua ,Irjen Pol Matheus Fakhiri / foto : ist

Stephen Wongso bersyukur semua pekerjaan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan panitia PON, meski waktunya sangat pendek. ” Karena persiapan yang sangat mepet dan semua terburu-buru jadi butuh extra effort,” jelasnya.

Wong Hang juga tidak mengalami kesulitan mengukur setelah jas yang akan digunakan kontingen. ”Untuk kontingen kita  menggunakan size chart yang sudah kita rancang khusus untuk postur orang Papua, dan butuh waktu sekitar 5 minggu untuk produksi karena durasi waktu kirim panjang karena jauh dari Jawa,” ucap Stepen Wongso.

Dalam hal penampilan kontingen  Wong Hang Tailor mempunyai visi yang sama dengan PB PON Papua 2021. ”Visi Wong Hang pasti  support seluruh kegiatan olaharga Indonesia sehingga di kemudian hari semua atlet Indonesia bisa sukses di semua bidang olahraga.  Kami support di bidang fashion dan tailoring sehingga harapannya semua official dan kontingen akan lebih percaya diri dengan pakaian yang proper pas dan sesuai dengan karakteristik mereka,” beber ayah dua anak ini.

Untuk menyelesaikan  sesuai waktu yang ditentukan menurut Stephen Wongsi, Wang Hang membutuhkan 450 orang penjahit yang bekerja selama 24 jam.

”Kami mengerahkan hampir 3/4 pabrik kami untuk menyelesaikan semua pekerjaan ini. Jadi sekitar 450orang full nonstop selama 24 jam ( berganti shift ),” ujarnya.

Apakah ada kesulitan mendapat material bahan kain. Apakah pesan sendiri ke Pabrik  ? ”Ya tentunya, dengan waktu yang singkat kami mengcustom bahan, detail corak dan warna. Untungnya  design yang kami buat bisa sesuai dengan ekspektasinteam dari PB PON dan semua pejabat yang berwenang sehingga tidak banyak revisi sehingga bisa cepat kami potong dan produksi,” jawab Stephen Wongso.

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *