Mon. Jun 17th, 2024

Fantastis, Sampah Daur Ulang Hasilkan Keuntungan Belasan Juta / Bulan Dari Produksi 48 Ton Sampah Plastik

GoHappylive. com, JAKARTA- Sampah plastik, termasuk botol plastik masih menjadi isu penting sekaligus tantangan bagi Indonesia. Sehingga perlu menjadi prioritas semua pihak, sebab berdampak luas terhadap ekosistem laut dan kesehatan manusia.

 

 

Menurut data, dari 10 juta metrik ton sampah yang terhanyut ke laut, 10 persennya berasal dari daratan.

Padahal, jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.379.472 per bulan dari produksi 48 ton sampah plastik.

Dalam hal ini dibutuhkan kolaborasi serta komitmen dari semua pihak untuk mengatasi permasalah sampah plastik agar bisa dikelola atau didaur ulang baik.

PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.

Melalui program ini, Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.

“Sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik, ” tutur Dickson Susanto.

Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan.

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022 lalu.

Botol-botol plastik yang telah terkumpul tersebut akan dikelola dan didaur ulang oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut.

Blackmores berharap, inisiatif kolaborasi yang dilakukan melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama ekosistem laut.

“Ke depannya, Blackmores Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. Sebab, kami menyakini jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga,” tutup Dickson Susanto.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *