Tue. Sep 17th, 2024

Nama Sanken Dicatut, Konsumen Diminta Ikuti Tips Agar Tak Jadi Korban Penipuan

GoHappyLive.com, JAKARTA — Produsen peralatan rumah tangga, Sanken kembali mengalami kasus penipuan yang mencatut nama merek dan nama rekening. Padahal  tahun lalu, kasus ini sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. Tapi, ternyata pelaku kembali berulah.

 

Sanken  baru menyadari kasus ini terulang lagi setelah beberapa korban penipuan memberi  laporan serupa.

“Ada penipuan Sanken lagi,” keluh Teddy Tjan, Direktur Pemasaran PT Istana Argo Kencana (Sanken ), di Jakarta.

Menurut Teddy, Sanken tidak pernah menjual produk yang meminta untuk langsung ditransfer ke rekening Sanken.

Untungnya beberapa korban belum melakukan transaksi pembayaran, tetapi ada juga yang sudah membayar.

“Saya belum sempet transfer, baru order, tapi kok ada sesuatu yang membuat saya tidak transfer-transfer. Terus tanya sana sini, termasuk pak Teddy. Jadi Alhamdulillah belum sempet keluar uang,” ungkap Samsi saat dikonfirmasi. Sementara beberapa korban lain tidak bersedia untuk dimintai keterangannya.

Pengamat Media Sosial, Dr. Rulli Nasrullah, M.Si, mengatakan, dalam dunia digital yang menjadi masalah adalah kita tidak tahu siapa sosok di balik si penjual. Ini menjadi rentan terjadinya kasus penipuan di dunia digital.

Karenanya, ia meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap kejahatan dunia maya, seperti penipuan (fraud) transaksi online saat berbelanja online.

Masyarakat diminta untuk tidak terjebak dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran atau diskon besar-besaran yang tidak masuk akal,” kata Rulli yang juga dosen UIN Jakarta.

Kalau penjualannya dilakukan di market place, sebut saja Tokopedia, Shopee atau blibli.com, pastikan ada tanda atau mark yang menyatakan toko online tersebut, stars, rising stars, atau penjual rekomendasi. Perhatikan pula komentar-komentar pembeli apakah mendapatkan review bagus.

Rulli yang akrab dipanggil Kang Arul, juga meminta masyarakat bisa memastikan uang yang kita transfer memiliki perlindungan untuk dikembalikan. Beberapa marketplace memiliki rekening bersama.

“Uang yang ditransfer masuk ke dalam rekening market place yang bersangkutan, bukan ke penjual. Jadi ketika penjual tidak bisa mengirimkan barangnya, tidak bisa dikontak, maka uang bisa segera dikembalikan,” lanjutnya.

Sanken tidak pernah menjual produknya di media sosial seperti Instagram atau Facebook

Sebelumnya, kejahatan di dunia maya yang mencatut nama Sanken,  mendapat sorotan dari Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Menurutnya, kejahatan dengan menggunakan web palsu Sanken, tidak saja merugikan Sanken, melainkan juga masyarakat menjadi korbannya.

“Dalam kasus ini ada dua pihak yang dirugikan, Sanken dan masyarakat yang menjadi korban penipuan. Sebaiknya, selain Sanken, para korban juga melaporkan kasus ini ke polisi,” kata Neta Pane.

Mengingat sudah adanya sejumlah korban, ia pun meminta Polda Metro Jaya bekerja cepat mengungkap dan menangkap pelakunya agar tidak semakin banyak lagi korban berjatuhan. Terlebih pihak Sanken sudah melaporkan kasus ini kepada Polda Metro Jaya.

Teddy Tjan mengaku modus penipuan baru yang membawa nama Sanken itu sudah merusak nama baik Sanken yang selama ini selalu dijaga dan juga merugikan konsumen setia Sanken.

Saat ini Sanken memiliki media sosial resmi di Instagram: @sankencorp, Facebook: Sanken, Website: www.sanken.co.id. Media sosial ini digunakan untuk komunikasi antara Sanken dengan konsumen bukan sebagai media jual beli produk. Media ini bisa digunakan juga bagi konsumen yang hendak menanyakan tentang promo maupun produk Sanken secara lebih jelas.

“Jangan sampai masyarakat yang melakukan transaksi pada media sosial dan website penipuan dengan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang diminta pelaku. Masyarakat jangan langsung percaya jika ada penawaran yang di luar logika”, tegasnya.

Teddy menambahkan, Sanken tidak pernah menjual produknya di media sosial seperti Instagram atau Facebook.

“Jika ingin membeli produk Sanken sebaiknya dilakukan di toko toko elektronik terdekat, situs situs terpercaya atau di platform-platform ternama seperti Tokopedia, JD.ID, blibli.com, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan lainnya,” pungkasnya.

 

 

 

Foto: Facebook Sanken

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *