Wednesday , September 22 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Gerakan B Corp, Dorong Pelaku Bisnis Indonesia Peduli Pada Kesejahteraan Manusia dan Planet Bumi

Gerakan B Corp, Dorong Pelaku Bisnis Indonesia Peduli Pada Kesejahteraan Manusia dan Planet Bumi

GoHappyLive.com, JAKARTA – Sejumlah persoalan besar yang menjadi perhatian dunia, yaitu salah satunya menurunnya kualitas lingkungan akibat degradasi lahan dan polusi yang diakibatkan oleh sampah yang tidak terkelola telah masuk dalam tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs). Untuk mencapai target dari SDGs, pelaku bisnis berkontribusi melalui Gerakan B Corporation (B Corp). Gerakan ini mendorong bisnis agar senantiasa mengedepankan kesejahteraan manusia dan keberlangsungan planet bumi.

Meski istilah B Corp masih asing di Indonesia, namun semangat B Corp yang mengedepankan bisnis yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan adalah visi yang sudah dikenal di Indonesia. Visi ini juga diadopsi oleh kewirausahaan sosial (social enterprise) atau bisnis sosial (social business). Diperkirakan saat ini terdapat sekitar 8,1 juta orang atau 3,2% dari populasi penduduk Indonesia yang terlibat dalam kewirausahaan sosial.

B Corp diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan menjadi sebuah gerakan dunia bagi pelaku bisnis yang memiliki visi untuk menjadikan usahanya sebagai kekuatan dalam memberikan kebaikan bagi sosial, ekonomi dan lingkungan.

B Corp adalah sertifikasi untuk pelaku bisnis yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab. Sertifikasi diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya – mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk/servis yang dilempar ke pasar– bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah.

Guna menginspirasi pelaku bisnis di Indonesia, komunitas B Corp Indonesia menyelenggarakan Indonesia B Corp Forum dengan tema “Gotong Royong 2018: Using Business as a Force for Good” pada 3 September 2018 di Jakarta. Tujuannya tidak lain agar semakin banyak pelaku bisnis yang mengetahui gerakan B Corp. Hadir sebagai pembicara dalam diskusi panel B Corp Forum antara lain Karyanto Wibowo, Danone – AQUA, Corey Lien, B Corp Asia Community, Jalal, Social Investment Indonesia, DR. E. Panca Pramuda, Institut Riset Sosial dan Ekonomi (INRISE),

Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan dengan menjadi B Corp, Danone-AQUA ingin menjadi bagian dari komunitas dunia untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kami juga masih jauh dari sempurna, tetapi kami ingin menjadi bagian dari solusi dan bersama-sama kita kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan yang lebih baik untuk Indonesia. Untuk itu kami ingin mengajak pelaku bisnis di Indonesia untuk bergabung dengan Komunitas B Corp,” katanya.

Corey Lien, B-Corp Asian Community menegaskan bahwa dibutuhkan lebih banyak pelaku bisnis untuk bergabung dalam gerakan ini.

“Inilah saatnya kita membutuhkan lebih banyak perusahaan yang bersedia untuk mengubah cara berbisnis tidak peduli perusahaan kecil atau multinasional. Dari yang semula fokus pada keuntungan finansial bagi pemegang saham menjadi lebih berorientasi pada kesejahteraan sosial dan kesehatan planet bumi. Berkembangnya komunitas B Corp bisa mendorong perubahan serta menciptakan koordinasi multi pihak baik di tingkat Indonesia maupun Asia, yang sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan nasional dan regional,”papar Corey.

Gerakan B Corp berupaya untuk membangun jaringan dan kesempatan berkolaborasi, membangun kemitraan serta menyelesaikan dampak kolektif dari isu perubahan iklim, ketimpangan pendapatan, hilangnya keanekaragaman hayati ataupun polusi laut. Dengan kolaborasi pelaku usaha di seluruh dunia, B Corp percaya hal tersebut dapat menciptakan perubahan sistem sosial dan lingkungan.

Untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, pelaku usaha diharuskan memperhatikan lima aspek yaitu tata kelola, karyawan, lingkungan, masyarakat dan konsumen. Saat ini lebih dari 2.600 perusahaan yang berasal lebih dari 60 negara telah bersertifikasi B Corp.

Sementara di Asia, B Corp telah menjadi komunitas yang terdiri dari 81 perusahaan dan tersebar di 17 negara. Jumlah ini naik 10 kali lipat dibanding tahun 2014. Sedangkan di Indonesia, baru terdapat dua Perusahaan B Corp yaitu Percolate Galatic, agensi digital kreatif, dan Danone-AQUA, perusahaan air minum dalan kemasan dan minuman ringan.

Prof. Yudi Samyudia dari Prasetya Mulya Business School mengatakan melalui Indonesia B Corp Forum 2018 ini diharapkan dapat menjadi awal untuk membangun Komunitas B Corp di Indonesia.

“ Kami mengharapkan forum ini dapat memberikan inspirasi kepada para pelaku bisnis bahwa kita dapat membawa perubahan yang baik bagi ekonomi, sosial dan lingkungan kita,” tandasnya.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Hadapi Pandemi, Anak Pun Bisa Stres , Zaskia Mecca: Saya Selalu Dukung Aktivitas Mereka Dengan Cemilan Favorit

GoHappyLive.com,JAKARTA- Hampir dua tahun menjalani hidup bersama pandemi COVID-19, tak dapat dipungkiri orang dewasa maupun …

Padang Merdeka Maknai Kemerdekaan RI ke-76 Melalui Program Berbagi Nasi Padang

GoHappyLive.com,JAKARTA- Memeriahkan Hari Kemerdekaa. Republik Indonesia, tiap brand punya cara unik merayakannya. Seperti Restoran Padang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *