Tue. May 28th, 2024

Hasil Uji Lab Dennis Guido: Kandungan Vitamin C Dalam Kemasan Jus Jeruk Tidak Sampai 100 Persen

GoHappyLive.com, JAKARTA–Tubuh yang sehat menjadi keinginan semua orang. Hanya saja untuk mendapatkannya diperlukan konsisten dalam melakukan kebiasaan baik setiap hari. Menjaga kesehatan tubuh dipengaruhi dari apa yang dikonsumsi setiap hari. Jus menjadi salah satu minuman pilihan untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh. Apalagi, kandungan nutrisi dari buah dan sayuran yang digunakan membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Ibaratnya, tubuh yang sehat merupakan salah satu investasi yang cukup berharga di kemudian hari. Oleh karena itu Dennis Guido atau kerap dengan sapaan Dennis, salah satu Food Technologist di Indonesia dan juga merupakan Content Creator seputar informasi tentang teknologi pangan melakukan Uji Kandungan Vitamin C pada deretan label Minuman kemasan jus jeruk.

Dennis berhasil mengumpulkan deretan produk jus kemasan yang biasa ada di Supermarket, Kandungan Vitamin ataupun Mineral memang tidak tertulis pada label tersebut. Tetapi besarnya informasi presentase AKG atau Angka Kecukupan Gizi memberikan informasi kontribusi produk tersebut terhadap kebutuhan sehari. Hal tersebut menjadikan alasan mengapa kebutuhan gizi tiap orang berbeda-beda dan hal tersebut berhubungan dengan jenis kelamin, usia, berat badan.

Oleh karena itu, di setiap label kemasan terdapat petunjuk acuan kebutuhan kalori sesuai kebutuhan. Misalnya untuk laki-laki, kebutuhan kalori 2150 sama dengan kebutuhan vitamin C nya per hari itu 90 mg jadi kalau produk ngeklaim Vitamin C nya 100% artinya terkandung vitamin C 90mg atau lebih.

Berdasarkan hasil Uji Lab yang dilakukan Dennis, deretan produk jus kemasan yang diuji memiliki kecocokan antara Vitamin C dengan kadar gulanya yang sesuai. Adapun, salah satu produk dengan nominal kadar gulanya dibawah yang tertulis di label kemasan tetapi masih dibatas toleransi.

“Berdasarkan hasil penelitian, ada satu kemasan yang klaimnya vitaminnya 100% tetapi hasilnya memenuhi 33% AKG. Penyebab hal tersebut dipengaruhi akan proses penyimpanan terutama karena Oksidasi, Panas, dan Sebagainya.” jelas  Dennis.

Vitamin C dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Di label kemasan, Informasi gizi seperti Vitamin atau Mineral

Tentunya bisa menggunakan informasi berdasarkan paparan hasil uji Lab Dennis agar bisa memilih minuman yang tinggi akan nutrisi Vitamin C

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *