Thu. May 30th, 2024

Kelola Emosi Di Kalangan Remaja, Yupi Gummy Candy Gelar Yupi Good Talent 2024

GoHappylive.com, JAKARTA –Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Siu (2009) di Cina, tingginya perilaku depresi, cemas, stres, agresi, dan kenakalan remaja berhubungan dengan rendahnya kecerdasan emosional. Tingginya agresi pada remaja ternyata terkait erat dengan rendahnya kecerdasan emosional yang dimiliki.

 

 

Tawuran di kalangan remaja merupakan fenomena yang masih sering terjadi di Indonesia.

Perkelahian antar remaja ini mencerminkan kekurangan dalam pengelolaan emosi dan konflik interpersonal.

Yasinta Indrianti, S. Psi., M. Psi., Psikolog dari Profil Talenta Indonesia, mengungkapkan tawuran antar sekolah ini juga didukung karakteristik remaja yang sedang masa pencarian jati diri, ingin rasa berkompetisi menunjukkan eksistensi tetapi terkadang tidak bisa menyalurkannya dengan tepat.

“Mengajarkan remaja untuk menghindari tawuran melibatkan pendekatan yang holistik, yang mencakup pengembangan keterampilan sosial, pengelolaan emosi, dan membangun kesadaran,” ungkapnya.

 

Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

Memberikan pengertian tentang emosi dan bagaimana mengelola emosi secara sehat.
Menyelenggarakan sesi pembelajaran tentang dampak negatif dari tawuran, termasuk cedera fisik, trauma psikologis, dan konsekuensi hukum.

Melibatkan orang tua atau masyarakat dalam pencegahan tawuran dengan menyelenggarakan sesi informasi atau lokakarya tentang cara mendukung anak-anak mereka dalam mengatasi konflik dengan cara yang sehat.

Menyediakan jalur komunikasi terbuka dan rahasia di sekolah untuk siswa yang ingin melaporkan atau mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan tawuran.
Mengikuti kegiatan positif untuk mengasah potensi diri. Mengisi waktu dengan kegiatan positif, seperti: olahraga, kesenian, sosial, keagamaan atau kegiatan lainnya.

Berbagai kegiatan positif dilakukan sebagai upaya meminimalisasi tren tawuran di kalangan remaja. Kegiatan positif ini adalah untuk menyalurkan bakat dan minat remaja. Menariknya, sejumlah brand ternama menggelar beragam kegiatan positif sebagai wadah bagi remaja untuk menyalurjan energinya.

Salah satunya dilakukan oleh Yupi Gummy Candy. Sebagai perusahaan gummy terbesar di Indonesia, Yupi menggagas kegiatan-kegiatan untuk kemajuan anak dan remaja di Indonesia, antara lain kegiatan School to School yang dilakukan di ratusan sekolah dan juga ajang kompetisi Yupi Good Talent, merupakan ajang pencarian bakat untuk anak dan remaja.

Di sinilah, anak-anak dan remaja Indonesia dapat menyalurkan kreativitasnya dan mengekspresikan talenta positif dalam bidang seni yakni menyanyi, menari dan lainnya seperti story telling, gymnastic dan bermain musik.

“Anak-anak dan remaja dapat menyalurkan energinya ke hal-hal yang positif dan kreativitas mereka menjadi prestasi yang bisa dibanggakan serta menginspirasi. Kami selalu menyuarakan semangat positif dan ceria,” kata Addyono H. Koloway, Promotion Manager PT Yupi Indo Jelly Gum.

Menurut Addyono, Yupi tetap konsisten memberikan wadah bagi penyaluran energi dari para siswa ke hal yang positif, melalui ajang pencarian bakat yang disebut Yupi Good Talent (YGT), dan 2024 menjadi tahun ke-lima, dengan total peserta ribuan setiap tahunnya.

Karena itulah Yupi mengajak para remaja untuk mengambil kesempatan bertarung memamerkan bakat terpendam maupun yang sudah terasah di ajang Yupi Good Talent 2024.

Daripada sibuk tawuran yang berujung pada penyesalan, lebih baik bertarung di Yupi Good Talent untuk menjadi pemenang yang dibanggakan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *