Wednesday , January 19 2022
Home / TRAVEL & CULINERY / Liburan Seru di Moment Ramadan, Kenapa Tidak?

Liburan Seru di Moment Ramadan, Kenapa Tidak?

Bagi seseorang yang senang melakukan travelling, bulan Ramadan bukanlah penghalang untuk tetap menjalankan hobi tersebut. Justru tanpa mengurangi kualitas beribadah, tempat-tempat wisata religi bisa menjadi pilihan.

Meskipun memiliki tantangan yang berbeda, berlibur pada bulan Ramadan memberi dampak positif bagi kehidupan seseorang ke depannya. Agar melakukan liburan secara maksimal pada bulan puasa, 9 tips bisa diterapkan.

1. Bawa Bekal Makanan Bergizi
Salah satu tantangan yang dialami oleh para traveler adalah susah mencari makanan yang bergizi pada waktu sahur. Akibatnya pada siang hari tubuh menjadi lemas ketika berpuasa. Solusinya, Anda dapat membeli susu dan kurma di toko swalayan terdekat serta memilih makanan yang berprotein tinggi dan mengandung karbohidrat seimbang.

2. Mengurangi Aktivitas Outdoor yang Berlebihan.
Jika cuaca sedang terik, sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang berlebih. secara Sebaiknya Anda selalu sempatkan untuk beristirahat sejenak bila merasa mulai lelah dan melanjutkan perjalanan bila kondisi memungkinkan.

3. Memilih Tempat Liburan yang Tepat
Pada saat memutuskan berlibur pada bulan Ramadan, maka pilihlah tempat yang tepat. Hindari berwisata dengan treking ke daerah pegunungan atau pantai dengan panas menyengat agar tubuh tetap fit dan tidak menimbulkan rasa haus. Pilih tempat wisata di area indoor ataupun sejuk seperti vila di daerah pengunungan.

4. Membuat Itinenary Perjalanan
Terbiasa membuat rencana perjalanan sangat memudahkan Anda dalam bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Misalnya, menetapkan destinasi mana saja yang searah dan hendak dituju dalam sehari. Tentunya, rencana tersebut bersifat fleksibel. Bahkan apabila Anda sudah terlalu lelah bisa membatalkannya dan memilih beristirahat saja.

5. Membeli Tiket Transportasi Dari Jauh Hari
Agar tidak mengalami kendala tiket transportasi naik atau habis, sebaiknya mencari tiket online dari sekarang. Tiket pesawat, tiket kereta, hingga tiket bus kini bisa didapatkan secara online tanpa harus mendatangi agen. Dengan melakukan persiapan ini, liburan di bulan Ramadan pun berjalan dengan maksimal.

6. Selalu Membawa Perlengkapan Ibadah
Anda tidak selalu mendapatkan masjid atau musholla di daerah wisata yang dituju. Selalu bawa perlengkapan ibadah saat melakukan perjalanan wisata. Begitu waktu salat tiba, Anda bisa melakukannya di mana saja dan tidak harus di dalam tempat ibadah.

7. Menghabiskan Waktu Sore di Lokasi Wisata
Waktu yang tepat untuk berada di luar ruangan saat puasa yakni sore hari. Datangi beberapa lokasi keramaian di beberapa kota, semisal alun-alun atau jalan besarnya. Saat ngabuburit tiba, akan ada banyak kawasan kuliner yang berada di pinggir jalan untuk menjual takjil. Maghrib tiba, Anda pun bisa segera berbuka. Selamat berpuasa di tengah liburan.

8. Mendengarkan Playlist – Playlist Lagu Keren
Untuk membuat semarak liburan Anda, tidak ada salahnya mendengarkan lagu-lagu keren yang diputar dikanal-kanal streaming seperti Joox atau Spotify. Saat dalam perjalanan atau sedang melakukan aktifitas liburan, alangkah serunya melihat pemandangan indah sambil dengarkan musik-musik keren . Selamat liburan!

About Dewi Syafrianis

Check Also

Dulu Identik Sebagai Makanan Orang Sakit, Ini 3 Fakta Unik dan Lezarnya Bubur Tiga Rasa yang Legendaris dari Ta Wan

GoHappyLive.com, JAKARTA – Belakangan ini menu bubur kembali jadi perbincangan, sejak warganet di Indonesia ramai-ramai …

Bijak Memilih Makanan Yang Terjangkau, 1 dari 4 Lifehack Hemat Ala Anak Kos Millenial

GoHappyLive.com, JAKARTA – Menjadi anak kos adalah pilihan bagi millennial yang menempuh pendidikan di perguruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *