Tue. Sep 17th, 2024

Dari Peringatan Hari Ibu 2020, Kowani Ajak Semua Perempuan Bergerak Nyata dan Saling Bersinerg

GoHappyLive.com, JAKARTA- Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia ( Kowani) Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M. Pd  mengatakan  peringatan Hari Ibu Ke-92 menjadi momentum yang dapat dijadikan semangat, bukanlah hanya untuk sekedar diperingati atau dirayakan.  Tetapi terwujud dalam  gerak langkah yang nyata dengan  bersinergi dalam mengemban amanat dan mandat para pejuang perempuan terdahulu untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya sebagai Ibu Bangsa.

 

 

Karena perempuan merupakan garda terdepan, terutama dalam momentum pandemic yang melanda Indonesia.

“Sebagai Ibu bangsa kita bisa  membangun kesadaran tentang ketahanan sebuah bangsa, ketahanan keluarga, dan ketahanan setiap anak bangsa atau ketahanan sumberdaya manusia. Melalui ketahanan Diri maka kita Sebagai pribadi dapat membentuk  ketahanan fisik, mental dan spiritual dan juga ketahanan intelektua baik lahir maupun batin yang menjadi fondasi dalam membentuk ketahanan Keluarga dimana Peran Perempuan sangat penting dan merupakan kunci Ketahanan Bangsa,” kata Giwo dalam sambutannya pada Peringatan Hari Ibu ke-92 yabg digelar secara virtual.

Giwo pun mengajak semua peserta webinar untuk terus bergerak memberikan peran dan hasil kerja yang nyata bagi bangsa dan negara.

“Jadilah Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang dapat menyiapkan Generasi Penerus yang inovatif, kreatif, berdaya saing dan berakhlak mulia. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju ,” lanjut Giwo penuh semangat,” papar Ketua KPAI era tahun 2000 an ini.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia ( Kowani) Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M. Pd   membuka webinar Peringatan Hari Ibu 2020/ foto: istimewa

Giwo menambahkan tujuan dan Implementasi Hari Ibu saat ini adalah perempuan tetap pada peran dan

kodratnya terus mendukung mewujudkan pribadi perempuan Indonesia yang maju

dan mandiri, berbudi pekerti luhur dalam mengisi kemerdekaan.

Semamgat  tolong – menolong pun patut ditularkan. Menolong perempuan-perempuan yang tidak mampu, meningkatkan pendidikan perempuan melalui penguatan aksara budaya tulis, kecakapan hidup kewirausahaan perempuan, penghapusan perdagangan perempuan, penghapusan perkawinan anak

dan masih banyak lagi masalah perempuan yang ada di masyarakat.

Maka para perayaan  Hari Ibu Ke-92 Tahun 2020 Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyelenggarakan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gebyar Kebudayaan Kowani Fair Online. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 23 Nopember 2020 – 23 Desember 2020.

“Kegiatannya  antara lain: 1. Membantu membangkitkan ekonomi UMKM khususnya binaan Kowani dengan menyelenggarakan Kowani Fair Online kerjasama dengan TokoPedia yang

diikuti oleh UMKM termasuk UMKM umum.

2. Gerakan Pakai Masker yaitu mengkampanyekan protokol kesehatan cuci

tangan, jaga jarak dan pakai masker untuk mengurangi laju pernularan Covid-19 di Indonesia.

3. Menyelengarakan beberapa Webinar dengan beberapa topik yang

membangkitkan semangat kesatuan dan persatuan bangsa.

4. Menyelenggarakan berbagai Workshop yang membangkitkan semangat cinta

dan bangga produk buatan Indonesia.

5. Menyelenggarakan kegiatan Diskusi Publik Penguatan Hak-Hak Perempuan

penyandang disabilitas dan donasi alat bantu dengar. Untuk mendorong

Pemerintah/Pemda, Ormas dan Elemen masyarakat lainnya untuk peduli

kepada disabilitas, mengajak multi sektor dalam penanganan disabilitas.

“Dari berbagai kegiatan tersebut Kowani menyimpulkan bahwa berbagai produk

buatan Indonesia yang sedang menjadi primadona di masa pandemi Covid-19 adalah

jamu yang telah turun temurun diwariskan oleh para leluhur lebih dari 3 generasi

yang lalu,” lanjut Giwo.

Untuk itu Kowani akan mengajukan permohonan kepada presiden   melalui kementrian Sekretaris Negara agar Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Jamu Indonesia untuk memberi peluang Jamu bisa menjadi Warisan Budaya yang diakui oleh The United Nations Educational, Scientific and Culture Organization (UNESCO).

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *