Tue. Sep 17th, 2024

Alhamdulillah, 130 Desa di Indonesia Menjadi Binaan Zakat Community Development

GoHappylIve.com, RIAU- Sebagai upaya untuk mengoptimalkan produk olahan sagu di kepulauan Meranti, Riau, Sahabat Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS melakukan pendampingan kepada UKM.

 

 

UKM yang terbagi dan 1 kelompok mustahik binaan di Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terus berusaha bangkit di masa pandemi.

UKM Karya Maju merupakan kelompok yang bergerak pada bidang pengolahan sagu. Aktivitas ini dimulai pukul 13.00 WIB bertempat di rumah produksi kelompok yang dihadiri oleh tiga orang anggota.

“Aktivitas produksi tetap dilakukan walaupun di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, lantaran kelompok ingin membantu perekonomian keluarga agar tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok,” ujar Kepala Bagian Ekonomi BAZNAS, Eka Budhi Sulistyo, baru-baru ini.

Menurut Eka, dalam melakukan aktivitas para mustahik tetap mematuhi protokol kesehatan yakni mencuci tangan sebelum beraktivitas, memakai masker, dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan sebagai ikhtiar untuk menjaga agar tubuh tetap sehat serta terjaganya hasil produksi yang sehat dan bersih.

“Melalui ZCD, BAZNAS terus berupaya meningkatkan pendapatan dengan membangun sistem mata pencaharian masyarakat yang berkelanjutan,” kata Eka.

Dalam proses produksi kali ini, mustahik juga melakukan penggilingan mie dan pengemasan mie sagu yang sudah kering sebanyak 20 kg, yang telah dibuat oleh anggota kelompok di hari sebelumnya. Untuk penjualan mie sagu dengan berat 4,5 ons ditaksir harga Rp3.500 dan Rp7.000 untuk per kilonya.

Setelah pengemasan mie sagu selesai, mie sagu tersebut siap diantar ke warung-warung langganan. Sedangkan untuk PIRT produk UKM sedang dalam proses pihak dinkes setelah Sahabat ZCD membuat video kegiatan dari setiap UKM.

Hingga saat ini, desa binaan ZCD sudah mencapai 130 Desa yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *