Wednesday , October 20 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Perumda Pasar Jaya Go Digital: Berbelanja di Pasar Tradisional Dilakukan Dari Rumah

Perumda Pasar Jaya Go Digital: Berbelanja di Pasar Tradisional Dilakukan Dari Rumah

GoHappyLive com, JAKARTA–Perumda Pasar Jaya mengajak para pedagangnya  untuk go online guna memenuhi kebutuhan pokok warga Jakarta yang tidak bisa leluasa bepergian keluar rumah karena pandemik.

 

 

Selain terus membenahi infrastruktur yang ada seperti menyediakan wifi, Perumda Pasar Jaya mengadakan training untuk para pedagang untuk melek teknologi, yaitu memenuhi kebutuhan pokok warga secara online.

“Kita tahu, kebanyakan pedagang di pasar ini ibu-ibu yang sudah berumur, sehingga perlu terus menerus dilakukan upaya agar mereka melek digital. Bisa tetap nyaman berdagang secara offline tetapi tidak kesulitan saat harus melakukan secara online,’’ ungkap Arief Narsuridn, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, DKI Jakarta , baru- baru ini.

Hadir sebagai pembicara dalam Nina Nugroho Solution yang dipandu oleh Nina Nugroho, desainer busana Muslimah untuk professional, Arief Nasrudin , DKI  menyumbang 28 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui usaha mikro  pasar-pasar tradisional.

Mengelola 115.000 pedagang UMKM, Perumda Pasar Jaya merupakan BUMD terbesar, bukan hanya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

“Di era pandemic seperti sekarang, Perumda Pasar Jaya juga mengalami masa sulit sebagaimana sektor yang lain. Namun begitu UMKM merupakan sektor organic yang bisa tumbuh dan bahkan menjadi fundamental ekonomi secara nasional. Salah satu solusinya melalui upaya digitalisasi, yang sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2017,” papar Arief.

Memang, tantangannya adalah secara statistik pedagang pasar jaya banyak berusia matang sehingga perlu belajar mengembangkan pengetahuan mengenai teknologi digital.

Tak hanya itu, dari sisi infrastruktur pasar memang masih jauh dari siap. Karena itu memang perlu kerja keras.

“Jadi  kita sudah mulai masuk ke digitalisasi dan para pemerhati pasar atau para  pecinta pasar trad , mereka bisa belanja dari rumah dan memenuhi kebutuhannya tanpa harus datang ke pasar. Untuk tahap awal Perumda Pasar Jaya menjalin Kerjasama dengan ojek online. Informasi diberikan melalui web www.belanja.pasarjaya.co.id. Dalam web tersebut dicantumkan identitas pedagang, jenis produk. Transaksi dilakukan melalui telepon, lalu belanjaan dikirimkan dengan ojek online, ” jelas Arief.

Perumda Pasar Jaya juga menjalin kerjasama dengan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee dan sejumlah startup.

Sementara untuk system pembayaran telah dilakukan pula payment getaway, pembayaran secara digital ini telah difasilitasi oleh beberapa bank seperti Mandiri dan beberapa provider seperti Telkom, Telkomsel. Sementara Perumda Pasar Jaya menyiapkan jaringan wifi baik yang gratis maupun berbayar.

‘’Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, ibu-ibu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu harus keluar rumah, mengingat kondisi pandemic saat ini. So be a smart shopper, ayo kembali ke pasar tradisional,’’ ajak Arief Nasrudin

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Bantu UMKM Terlepas dari Lilitan Bank Keliling, Yayasan Dimensi Gulirkan Pinjaman Modal Tanpa Bunga

BOGOR- Modal usaha kerap menjadi kendala bagi pelaku usaha di industry kecil dan menengah. Terlebih …

Tingkatkan Literasi Zakat , BAZNAS dan BSI Gelar Webinar Untuk  Penguatan Keuangan Syariah di Masa Pandemi

GoHappyLive.com, JAKARTA- Zakat merupakan pintu ummat muslim untuk membersihkan diri dan mensucikan diri. Karena zakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *