Monday , August 8 2022
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Program Mikro, Kiat Menangkan Penghargaan ZSP Berhadiah Total US$3 Juta
Perwakilan ZSP Indonesia, Kamal Fitrianto, menjelaskan kiat memenangkan penghargaan ZSP

Program Mikro, Kiat Menangkan Penghargaan ZSP Berhadiah Total US$3 Juta

JAKARTA, Gohappylive.com–  Perwakilan Zayed Sustainability Prize (ZSP) berharap peserta dari Indonesia dapat memenangkan penghargaan ini. Bagi yang ingin mengikuti ZSP 2024, ini kiat bagaimana memenangkan hadiah total US$ 3 juta.

“Sebaiknya program yang didaftarkan ke ZSP jangan terlalu makro, cukup mikro saja, bahkan program bisa hanya meliputi 2-3 rumah saja,“ ujar Kamal Fitrianto, perwakilan ZSP Indonesia dalam IG live Asah Kebaikan dengan ZSP, baru-baru ini.

Kamal menegaskan, karena paremeter penilaian adalah program, impact (dampak), dan peningkatan ekonomi, maka program cukup mikro saja. Bahkan, jika program yang dilakukan memiliki cakupan skala nasional. Peserta dapat mengambil program dengan cakupan per wilayah saja.

Pada akhir pendaftaran, peserta diminta untuk mengirimkan video dengan durasi 5-7 menit. Di sini, pendaftar diminta memasukkan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam penilaian.

Informasi-informasi yang dimasukkan dalam video, kata Kamal, adalah informasi tentang  kegiatan.  Peserta tidak perlu memasukkan sambutan kepala desa. “Video merupakan gambaran kegiatan. Jadi bukan sambutan dari kepala daerah. Saran saya, syuting video langsung pada kegiatannya,” ujar kamal.

Video tersebut juga dilengkapi dengan narator untuk menjelaskan kegiatan dalam video itu. Narator tidak perlu tampil dalam video.

Memang, diutamakan, narator harus menggunakan bahasa Inggris, karena juri Zayed Sustainability Prize adalah orang asing. Jika, narator tidak dapat berbahasa Inggris, peserta tidak perlu khawatir karena video dapat dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris.

“(Durasi) video 5-7 menit dan semua harus menggunakan bahasa Inggris. Kalau nggak bisa, pakai subtitle bahasa Inggris. Narasi bisa bahasa Indonesia,” ujar Kamal .

Video dapat dimulai dengan kondisi masyarakat yang memprihatikan (menyedihkan). Lalu datang peserta dengan program untuk membantu masyarakat. Digambarkan juga, peserta dengan masyarakat menjalankan program secara bersama-sama.

Dalam video juga dijelaskan tentang tantangan dan hambatan yang dapat dijelaskan melalui narasi. Kemudian pada akhir video, peserta dapat menggambarkan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat dan hambatan yang dilalui.

“Jadi, narator dapat menyampaikan kondisi peningkatan ekonomi masyarakat setelah diberikan program, namun hambatannya berupa infrstruktur dan transportasi yang sulit sehingga membutuhkan dana,” jelas Kamal yang berpesan video juga harus sudah tayang pada You tube atau Fameo.

About Alamanda Cathartica

Check Also

Salurkan 24 Ekor Sapi, Gatot Suprabowo: “Berkurban Hidupkan Semangat Berbagi Para Insan JamSyar”

GoHappyLive.com, JAKARTA–PT Jamkrindo Syariah menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1443 dengan menyalurkan 24 ekor sapi …

Bulan Imunisasi Anak Harus Capai 95%, Ini Strategi Pemerintah

GoHappyLive.com, JAKARTA– Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, sekitar 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *