Monday , November 29 2021
Home / HEALTH & PARENTING / PTM Dimulai, Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health Gencarkan Edukasi Anak SD Taat Prokes 3M

PTM Dimulai, Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health Gencarkan Edukasi Anak SD Taat Prokes 3M

GoHappyLive.com, JAKARTA- Penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022, telah mulai berjalan. Sebagai bentuk dukungan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bersama Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif dan Ceria).

 

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi.

Salah satunya melalui pemberian multivitamin, bergerak aktif dan ceria untuk lawan COVID-19. Kampanye 3M ABC mencakup program nasional dan program dukungan lainnya.

Pada program nasional, Kemendikbudristek bersama Kalbe Consumer Health didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) membuat materi kampanye berupa video Gerakan Senam 3M ABC yang menyenangkan, mudah dilakukan dan diingat oleh anak-anak.

Kemudian ada pula buku manual senam dan e-poster yang akan didistribusikan ke 149.000 SD di seluruh Indonesia, pelatihan kepada tenaga didik di bawah jejaring Kemendikbudristek, dan pemberian dukungan berupa multivitamin Sakatonik ABC kepada 100 sekolah dasar di Indonesia.

Dalam hal ini, Kemendikbudristek RI juga menganjurkan anak-anak untuk bergerak aktif di sekolah, salah satunya dengan melakukan Gerakan Senam 3M ABC. Gerakan senam ini merupakan sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dalam memahami pentingnya 3M dan memenuhi asupan nutrisi, bergerak aktif dan ceria untuk lawan Covid-19.

“Kami merekomendasikan gerakan senam 3M ABC untuk dilaksanakan menyeluruh untuk siswa/i kelas 1- 6 sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara klasikal,” ungkap Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd.

Sementara itu Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari, Sp.KO menambahkan untuk tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari.

“Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak. Gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria,” katanya.
Gerakan berdurasi 12 menit ini mudah diterapkan dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Banyak manfaat yang diperoleh dari gerakan senam ini jika anak-anak melakukan secara rutin minimal 10-12 minggu.

Beberapa manfaatnya, antara lain:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru.
3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang.
4. Meningkatkan kelenturan.
5. Mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak.
6. Serta melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang (osteoporosis) dan lain-lain.

“Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal pada anak. Memenuhi kecukupan nutrisi dan pemberian multivitamin Sakatonik ABC setiap hari mampu menunjang perkembangan fisik dan kecerdasan anak, serta memperkuat daya tahan tubuhnya. Dalam menghadapi PTM terbatas, orang tua perlu memastikan anak-anak patuh protokol kesehatan 3M serta menjalankan gaya hidup ABC dengan menjaga asupan nutrisi yang cukup, bergerak aktif setiap hari dan tetap ceria,” jelas Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati.

Ditambahkan Herawati, materi video senam berdurasi hampir 13 menit, modul gerakan senam dan poster edukasi digital dapat diunduh secara gratis di
– YouTube Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI : https://youtu.be/hrdARH5ZyCo
– YouTube Sakatonik ABC : https://youtu.be/JCokA1GibGc

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Anak Muda Juga Rentan Terkena Kolesterol Lho, 3 Hal Ini Cara Mengatasinya!

GoHappyLive.com, JAKARTA- Penderita kolesterol di kalangan anak muda, belakangan ini kian mengkhawatirkan. Minimnya aktivitas fisik …

Jangan Lalai! Gaya Hidup Rebahan Sumbang Peningkatan Kasus Diabetes dan Prediabetes Selama Pandemi

GoHappyLive.com, JAKARTA- Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat ternyata bukan sekedar isapan jempol belaka. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *