Thu. May 30th, 2024

Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Avian Brands Kampanye Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental

GoHappyLive.com,  1 dari 3 remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental. Penyebabnya antara lain akibat dari tekanan hidup yang tinggi, tuntutan dari keluarga dan lingkungan sekitar, bullying/perundungan, percobaan menghilangkan nyawa sendiri, dan lain sebagainya.

 

 

Hal ini diungkapkan Psikolog, Chitra Ananda Mulia M. Psi pada acara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang digelar oleh Avian Brands ,salah satu produsen cat tembok, Selasa, 10 Oktober 2023 .

Dikatakan Citra mengukur kesehatan mental dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan perilaku sosial pada seseorang.

“Dapat dilihat dari menurunnya kualitas tidur seseorang. Misalnya, selama 5 hari berturut-turut gak bisa tidur. Lalu mudah tersulut emosinya. Ini contoh dari gangguan mental . Jika mengalaminya, sebaiknya segera berkonsultasi dengan psikolog, “tutur Uni Citra, begitu dia akrab disapa.

Ditambahkan lagi, melakukan konsultasi ke psikolog bukanlah sebuah momok. Anggapan sakit jiwa atau gila hendaknya ditepis.

Yang patut disyukuri, papar Uni Citra saat ini tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental terlihat dari kebutuhan mereka terhadap lembaga psikologi.

Data dari sebuah aplikasi kesehatan, yang pada tahun 2022 mencatat ada +/- 60.000 generasi muda usia 15-30 tahun melakukan konsultasi ke pskiater dan psikolog seputar masalah kesehatan mental.

“Kebanyakan mental health issue saat ini dipicu oleh banyak hal, di antaranya ekonomi, kesepian, masalah pekerjaan, trauma masa lalu, tekanan dari pasangan, dan lainnya,” ujarnya.

Dalam hal ini diperlukan kontribusi dari  banyak pihak sebagai bagian dari solusi dan perubahan akan masalah ini. Salah satunya seperti yang dilakukan Avian Brands sebagai produsen cat tembok lokal yang turut andil penanganan mental health ini.

“Kita ketahui bahwa mental health issue yang saat ini marak terjadi, khususnya di kalangan remaja adalah masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama dengan banyak pihak. Avian Brands mendukung penuh upaya tersebut melalui gerakan “Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours” lewat produk-produk unggulan dengan warna-warna yang secara riset telah dibuktikan mampu membantu memberikan nuansa yang lebih menenangkan bagi para pejuang kesehatan mental”, jelas Mely Yanti,  Marketing Manager Avian Brands di Launching “Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours”.

Melalui produk unggulan Sunguard All-In-One dan Supersilk Anti Noda, Avian Brands mempersembahkan warna-warna cat tembok yang menimbulkan efek “feel good”, menjadi manfaat bagi para pengguna, khususnya yang tengah berjuang menghadapi mental health issue.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Joe Taslim, Aktor dan Martial Art Expert yang ditunjuk sebagai Brand Ambassador Sunguard All-In-One menyampaikan keprihatinan dengan kondisi anak dan remaja saat ini yang berjibaku dengan kesehatan mental.

“Dari sini kita belajar bahwa sebagai orang tua kita wajib memberikan perlindungan dan perhatian yang cukup untuk anak, sehingga anak mendapatkan rasa aman dan nyaman dari rumah. Tidak sekadar menyediakan waktu, namun kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, yakni rumah dan kamar yang layak serta nyaman juga menjadi prioritas. Dan selama ini produk-produk Avian Brands mampu mewujudkan apa yang menjadi prioritas keluarga kami, ” papar Joe, ayah dari 3 anak ini.

Sedangkan, Ade Binarko, Founder of SehatMental.id, sebuah komunitas yang terbentuk didasari adanya kepedulian pada Kesehatan mental generasi muda juga mempertegas kerbermanfaatan dari warna-warna bagi proses pencegahan dan penyembuhan gangguan kesehatan mental.

“Dari pengalaman pribadi, juga sharing dari para member komunitas kami, jelas jika warna-warna tertentu sangat membantu meningkatkan mood dan juga membantu melepaskan stress. Hal ini tentu saja menjadi faktor yang mempercepat proses perbaikan mereka yang memiliki mental health issue, ” ujar Ade.

Tidak sampai di situ, dukungan Avian Brands terhadap gerakan “Support Mental Health with Healing Colours”, juga dituangkan melalui sarana bimbingan dan konsultasi dari tenaga ahli profesional secara GRATIS, yang akan dilakukan di beberapa lokasi di area Jawa.

“Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours” akan menjadi kegiatan berkelanjutan yang akan terus digaungkan untuk menggugah kepedulian lebih banyak pihak. Mental health issue bukanlah masalah ringan yang bisa dianggap remeh, dan harus segera diatasi bersama agar Indonesia memiliki generasi muda yang sehat, tidak hanya fisik yang sehat, juga mental yang sehat dan tangguh agar mampu meneruskan membangun bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan maju, “urai Meli Yanti.

Produk Avian Brands, Supersilk Anti Noda dan Sunguard All-In-One menghadirkan inspirasi warna ruangan yang dapat membantu memperbaiki kondisi mental health, antara lain melalui Mood Booster Collection (warna cerah) dengan 12 koleksi warna; Close To You, Red Jumper, Red Rhythm, Bright Spot, Travelling Somewhere, Arizona Sunset, Smile For Me, Cheerful Heart, Midnight Sun, Lime Light, Think Green, Maze Runner dan Stress Release Collection (warna lembut/pastel) dengan 12 koleksi warna; Heart & Soul, Here For You, Aqua Healing, Cool Me Down, Joyful Soul, Precious Time, Healing Power, Rest & Relax, Slow & Easy, Free Your Mind, Timeless Moment, Musical Therapy.

Konsumen memiliki kesempatan mendapatkan diskon khusus untuk 24 warna Healing Colours Collection Supersilk Anti Noda dan Sunguard All-In-One di toko-toko yang bekerja sama ataupun pembelian melalui official store Avian Brands di Tokopedia. Daftar toko yang bekerja sama melalui dapat dilihat di website dan social media Avian Brands.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *