Monday , November 29 2021
Home / HEALTH & PARENTING / Salah Satu Ciri Ibu Bahagia, Didukung Support System dan Sukses Merawat Anak

Salah Satu Ciri Ibu Bahagia, Didukung Support System dan Sukses Merawat Anak

GoHappyLive.com, JAKARTA- Riset menunjukkan bahwa kebahagiaan Ibu mampu memengaruhi pola asuhnya terhadap anak sehingga menjaga kebahagiaan dari seorang Ibu merupakan salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini, khususnya di masa pandemi ini.

 

Seorang Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Namun ditengah beban persoalan di dalam keluarga selama pandemic ini, tidak jarang membuat kaum perempuan dengan multiperannya mengalami stress.

Psikolog Klinis Dewasa & Keluarga, Dessy Ilsanti mengatakan sangatlah penting menjaga kesehatan dan kebahagiaan dari seorang Ibu.

“Khususnya di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran ini, dalam menjalankan perannya pada proses tumbuh kembang anak. Menghadapi masa pandemi ini, ada beberapa tips bagi para Ibu untuk mengelola stress, mulai dari mengelola fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan ada pada masa kini, melakukan self-care, hingga menjaga silaturahmi atau interaksi sosial dalam lingkungan sosial yang dipilih,” ungkap Dessy.

Tentunya, support system menjadi salah satu sumber penguat bagi para Ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Bentuk support system terbaik bagi seorang Ibu bisa didapatkan melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya.

“Terlebih lagi, dalam menghadapi perubahan di masa pandemi ini, hadirnya sebuah wadah untuk dapat saling berbagi dan saling mendukung antar sesama Ibu dalam menyesuaikan perannya di rumah dapat memiliki arti tersendiri bagi para Ibu,” tambah Dessy Ilsanti.

Mengingat pentingnya sebuah wadah, masih dalam momen memperingati Hari Komunitas Nasional, Bebelac menyelenggarakan Bebemoms Community Day sebagai wujud apresiasi, dukungan, serta edukasi terhadap para Ibu yang tergabung dalam komunitas Bebemoms, dalam tema ‘Ibu Bahagia Kunci Anak Hebat’.

Head of Careline & Communities Danone Specialized Nutrition Indonesia, Flora Pramasari mengatakan dengan visi untuk mendukung anak-anak tumbuh dengan hebat, tidak hanya pintar dan berani, tetapi juga memiliki hati yang besar.

“Dengan ini, Bebelac melakukan inisiatif untuk membentuk komunitas Bebemoms. Inisiatif ini merupakan upaya Bebelac untuk mendukung seluruh Ibu yang memiliki anak usia di atas 1 tahun di Indonesia untuk memperkaya , kemampuan pola asuh dan nutrisi yang baik untuk anak sehingga menjadi anak hebat yang sehat, cerdas dan memiliki rasa peduli,” ujar Flora.

Diharapkan Bebemoms Community Day akan menjadi wadah edukasi, konsultasi, dan berbagi antar para Ibu anggota komunitas dan para narasumber ahli dengan mengangkat tema yang sangat relevan, yaitu kebahagiaan seorang Ibu.

Anak Hebat dengan Happy Tummy, Happy Brain, Happy Heart

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak, Dr. Reza Fahlevi mengatakan pada anak usia di atas 1 tahun merupakan masa golden period, maka terjadi sekitar 70 hingga 80 persen perkembangan otak anak di usia ini.

Untuk mendukung pertumbuhan dan menunjang perkembangan anak dengan baik, pemenuhan nutrisi menjadi salah satu aspek terpenting.

“Seringkali dikatakan bahwa pencernaan merupakan otak kedua anak. Hal ini disebabkan karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung, dimana nutrisi menjadi asupan kinerja otak dan juga dapat mempengaruhi perilaku serta suasana hati anak,”papar dr.Reza.

Shireen Sungkar, public figure sekaligus ibu 3 anak mengatakan seorang Ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, termasuk pemenuhan nutrisi yang baik untuk anak agar dapat tumbuh menjadi anak yang hebat.

“Saya sangat menyambut baik adanya komunitas Bebemoms, dimana para Ibu bisa mendapatkan edukasi serta saling berbagi informasi untuk saling membantu dalam menumbuhkan anak hebat yang memiliki happy tummy, happy brain, dan happy heart. Sebagai salah satu Ibu Hebat Bebelac, saya senang dengan diadakannya Bebemoms Community Day ini karena di sini kami merasa terapresiasi sebagai seorang Ibu, dan juga mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli mengenai topik-topik yang relevan, serta berinteraksi dengan para Ibu lainnya,” ujar Shireen.

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

Anak Muda Juga Rentan Terkena Kolesterol Lho, 3 Hal Ini Cara Mengatasinya!

GoHappyLive.com, JAKARTA- Penderita kolesterol di kalangan anak muda, belakangan ini kian mengkhawatirkan. Minimnya aktivitas fisik …

Jangan Lalai! Gaya Hidup Rebahan Sumbang Peningkatan Kasus Diabetes dan Prediabetes Selama Pandemi

GoHappyLive.com, JAKARTA- Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat ternyata bukan sekedar isapan jempol belaka. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *