Saturday , May 8 2021
Home / LIFESTYLE & SOCIAL / Studi di Belanda Paling Diminati Mahasiswa Indonesia

Studi di Belanda Paling Diminati Mahasiswa Indonesia

GoHappyLive.com, JAKARTA- Besarnya minat pelajar Indonesia menimba ilmu di negara kincir angin, mendorong Nuffic Neso Indonesia kembali menggelar Dutch Placement Day (DPD) 2018. Pameran pendidikan tinggi Belanda kali ini, selain diramaikan oleh 27 universitas riset maupun universitas ilmu terapan Belanda juga dilengkapi dengan PhD Recruitment.

 

Setelah memboyong 16 institusi pendidikan tinggi Belanda untuk bertemu masyarakat Surabaya pada 6 November 2018 lalu, total 27 institusi pendidikan tinggi Belanda memutuskan untuk tidak melewati rangkaian pameran pendidikan DPD & European Higher Education Fair di Jakarta.

Alasan banyaknya institusi pendidikan tinggi Belanda yang berpartisipasi pada acara DPD di Jakarta karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri.

Masyarakat Indonesia, terutama Jakarta tertarik untuk studi di Belanda pada jenjang studi foundation, Bachelor, Master, PhD, maupun non-degree seperti kursus singkat di Belanda.

Melalui pameran pendidikan tinggi Belanda ini, diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan dengan baik untuk dapat bersaing di era globalisasi.

“ DPD menjadi one stop information centre dimana pengunjung dapat berkonsultasi one on one, mengikuti presentasi universitas maupun Lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out,” ungkap Peter van Tuijl Direktur Nuffic Neso Indonesia, di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 10/11 kemarin.

Antusiasme masyarakat Jakarta terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda dapat terlihat dari jumlah pendaftar yang tercatat mencapai sebanyak 1,500 yang terdiri dari pelajar / lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis.

Peter menambahkan pendidikan tinggi di Belanda memiliki kualitas tinggi dan telah berhasil mempertahankan reputasi di tingkat dunia. Sembilan universitas riset Belanda berada di 200 besar the World University rankings dan Belanda menduduki peringkat 4 terbaik dalam kualitas pendidikan secara umum.

Hal ini terbukti dengan lebih dari 112,000 mahasiswa internasional menempuh salah satu dari 2,100 program studi internasional yang tersedia di Belanda pada tahun akademik 2017-2018.

Sebanyak 164 negara yang berbeda tercerminkan dalam angka keseluruhan mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan di institusi pendidikan tinggi Belanda.

 

15 Profesor Interview Langsung 300 Peserta Program PhD

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DPD 2018 dilengkapi dengan PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer.

Peter van Tuijil, Direktur Neffic Neso Indonesia usai meresmikan pameran pendidikan tinggi Belanda di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 10/11

Academic Transfer adalah lembaga yang menginformasikan lowongan untuk berkarir dalam penelitian dan pendidikan tinggi di Belanda.

Sesi PhD Recruitment memberikan kesempatan bagi para peneliti yang tertarik mengambil gelar PhD di Belanda untuk tatap muka dan berdiskusi langsung dengan para professor yang dapat menjadi pembimbing penelitian.

Kesempatan ini diharapkan dapat memfasilitasi kandidat PhD untuk memperoleh Letter of Admission (LoA) dari pihak universitas Belanda yang nantinya akan membantu proses aplikasi beasiswa. Lima belas (15) professor dari berbagai disiplin ilmu hadir di DPD Jakarta.

“Sekitar 300 interview akan dilakukan hari ini untuk program PhD. Ada sekitar 15 profesor dari Belanda akan melakukan interview mendalam langsung kepada kandidat,” beber Peter, lagi.

DPD 2018 juga didukung oleh KLM dan Erasmus Training Centre dalam penyelenggaraan: DPD 2018 Instagram Competition.

Peserta kompetisi akan memperebutkan 1 tiket pp Jakarta – Amsterdam dari KLM Royal Dutch Airlines bagi pemenang pertama, serta 1 paket kursus gratis Bahasa Belanda dari Erasmus Training Centre untuk masing-masing pemenang ke dua dan ke tiga. Syarat dan ketentuan untuk mengikuti kompetisi ini dapat ditemukan di www.nesoindonesia.or.id/dpdigcomp .

About Dewi Syafrianis

Dewi Syafrianis

Check Also

DJSN Optimis Kesejahteraan Pekerja Indonesia Capai Titik Maksimal

GoHappyLive.com,JAKARTA–Setelah dilantik oleh Presiden Jokowi pada 22 Februari 2021 lalu, Dewas dan Direksi BPJS mulai …

Baru Saja Terbentuk, Pansel BPJS Dorong DJSN Revisi Perpres RI Tata Cara Pemilihan Dewas

GoHappyLive.com, JAKARTA–Pansel BPJS mendorong  agar DJSN bersama Kementerian/ Lembaga melakukan revisi Peraturan Presiden RI Nomor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *