Thu. Sep 19th, 2024

Pengemudi Perempuan Harus Punya Basic Skill Seputar Perawatan Mobil

Gohappylive.com, JAKARTA–Dalam hal mengemudikan kendaraan, diketahui kaum pria terbukti lebih terampil dibanding wanita. Tak heran,  berbagai stigma miring masih berseliweran di telinga , ‘Ah, namanya aja ibu-ibu, yang nyala sein kanan, tapi  mobilnya malah belok ke kiri’.

Selain itu  para perempuan juga dinilai tidak cukup pemahaman tentang seluk beluk mobil.

Aditya Wardhani, Head of PR and CSR Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), yang dikenal dengan merek Mitsubishi Motors Indonesia mengatakan  para perempuan di era sekarang harus dapat mengupgrade pengetahuannya seputar kendaraan, sekalipun itu sebatas basic.

“Untuk para istri yang mulai terpaksa nyetir, harus memiliki basic skill untuk merawat mobil. Dia perlu mengetahui apa saja faktor-faktor melakukan perawatan,” paparnya  dalam  acara Media Coaching Clinic bersama Rifat Sungkar mengenai  tips dan trik perawatan mobil bagi perempuan di pameran GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan,Jumat, 26 Juli 2024.

Menurut Adit, agar mobil dapat berumur panjang maka perlu rutin  melakukan perawatan.

“Karena hal ini menyangkut keselamatan dan kenyamanan saat berkendara di jalan raya, lanjutnya.

Kabar baiknya,  perkara urusan perawatan kendaraan dapat dipercayakan kepada dealer resmi kendaraan terkait.

“Serahkan pada dealer yang akan merawat sesuai jadwal yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, seperti tekanan angin ban dan indikasi meter cluster yang menyala,” tambah Adi Trihatmoko, Technical Support and CS PT MMKSI.

Sementara , Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia  mengatakan berbagai  kemudahan tersedia pada kendaraan modern. Sebagai contoh,  karena mesin mobil sudah didesain sedemikian rupa, maka tanpa perlu dipanaskan tak akan berpengaruh terhadap performa kendaraan.

“Di masa lalu , tiap pagi mobil perlu dipanaskan sebelum digunakan untuk beraktivitas. Kenapa?  Karena oli mobil jaman dulu itu sifatnya kental seperti madu. Sehingga pemanasan itu bertujuan agar olinya menyebar sempurna . Sedangkan oli sekarang lebih encer ,bahkan hampir mirip air,”  urai Rifat.

Rifat menambahkan melakukan perawatan mobil  secara rutin akan memberi kenyamanan kepada  pengemudinya.

“Saat ini masih banyak perempuan yang kurang responsif terhadap kondisi kendaraan. Untuk leasing, kita harus punya track record yang bagus. Jika kita punya dashcam, kita harus mempertahankan ketaatan kita di lalulintas. Alhamdulillah Mitsubishi punya banyak safety feature, tapi kalau gaya berkendaranya kurang baik, klaim asuransi akan jadi lebih susah. Jadi tolong dipikirkan untuk menjaga rapor yang baik,” lanjut Rifat.

Pada kesempatan yang sama , Setiawan Jaya, Product Planning PT MMKSI memperkenalkan fitur-fitur baru pada Mitsubishi XForce yang sebagian besar disukai oleh perempuan, seperti fitur blind spot detection dan rear cross traffic alert.

“Kita melihat bahwa fitur XForce ini paling banyak dibutuhkan orang saat ini. Contohnya Blindspot, ini sering diabaikan, tapi ini paling sering membantu. Rear cross traffic alert juga sangat membatu saat kita mundur atau parkir di tempat yang sempit,” pungkas Setiawan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *